STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DAN NHT YANG DILENGKAPI MEDIA WORKSHEET TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN

Rangkuti, Nila Sari (2016) STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DAN NHT YANG DILENGKAPI MEDIA WORKSHEET TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM 4123331031 COVER SKRIPSI .pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM 4123331031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM 4123331031 ABSTRAK .pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM 4123331031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM 4123331031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM 4123331031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM 4123331031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM 4123331031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM 4123331031 BAB I.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 4123331031 BAB V.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 4123331031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Numbered Head Together (NHT) yang dilengkapi dengan media Worksheet pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Kartika I-2 Medan yang berjumlah 4 kelas. Sampel yang digunakan pada penelitian ini diambil secara random sampling sebanyak dua kelas, yakni kelas eksperimen I dan eksperimen II. Kelas eksperimen I diajarkan dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) yang dilengkapi media worksheet dan kelas eksperimen II diajarkan dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Masing-masing kelas terdiri dari 36 siswa. Instrumen tes yang valid sebanyak 24 soal dengan reliabilitas 0,856. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil pretest, posttest dan gain pada kelas eksperimen Idan eksperimen II berdistribusi normal dan homogen. sedangkan untuk uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung > ttabel, yakni 2,65 > 1,9968, berarti Ha diterima dan tolak Ho yaitu peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan media worksheet lebih tinggi dibandingkan peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan media worksheet pada pokok bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan di kelas XI IPA SMA KARTIKA I-2 Medan yaitu 84,56% > 73,47%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNasution, Hafni Indriati195809241984032001
Call Number: SK-2016 KIM 182
Keywords: Think Pair Share; Numbered Head Together; Media Worksheet; Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Oct 2016 03:33
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20748

Actions (login required)

View Item View Item