PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSITED INDIVIDUALIZATION DENGAN TWO STAY TWO STRAY PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN

Lumbantobing, Judika Sereana Damayanti (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSITED INDIVIDUALIZATION DENGAN TWO STAY TWO STRAY PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4123131050 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4123131050 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4123131050 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4123131050 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4123131050 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4123131050 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4123131050 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4123131050 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM 4123131050 DAFTAR SINGKATAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. NIM 4123131050 BAB I.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 4123131050 BAB V.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. NIM 4123131050 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4123131050 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada materi kimia. Siswa masih merasa sulit mengerti tentang kimia karena pembelajaran masih berpusat pada guru. Oleh karena itu, guru perlu menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif yang dapat membuat siswa aktif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan dan mendeskripsikan hasil belajar kimia siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assited Individualization dengan Two Stay Two Stray pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 14 Medan T.A 2015/2016, sebanyak 6 kelas. Sampel diambil dengan 2 tahap, yaitu: sampel kelas diambil 2 kelas secara teknik sampling sederhana, selanjutnya sampel siswa diambil secara purposif 22 orang siswa dari setiap kelas yang relatif homogen statusnya. Instrumen yang digunakan adalah tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 16 soal. Kelas eksperimen 1 diberikan perlakuan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Team Assited Individualization dan kelas eksperimen 2 menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray. Uji hipotesis menggunakan uji-t dua pihak pada taraf α = 0,05. Dari hasil penelitian, untuk kelas ekperimen 1 diperoleh rata-rata pre-test sebesar 39,45 ± 6,522 dan post-test 77,64 ± 10,608 sedangkan kelas eksperimen 2 diperoleh rata-rata pre-test 37,73 ± 6,518 dan post-test 70,5 ± 10,918. Berdasarkan hasil analisis uji t, diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,204 > 2,018. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima yaitu ada perbedaan hasil belajar kimia siswa dan model pembelajaran kooperatif yang lebih baik adalah tipe Team Assited Individualization

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimanjuntak, Amser195212261976031002
Call Number: SK-2016 KIM 168
Keywords: Hasil Belajar; Model Pembelajaran Kooperatif;Media Power Point
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Oct 2016 02:40
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20745

Actions (login required)

View Item View Item