PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MASALAH PADA POKOK BAHASAN ASAM KARBOKSILAT DAN ESTER DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Adil, Muhammad (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MASALAH PADA POKOK BAHASAN ASAM KARBOKSILAT DAN ESTER DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4121131014 Cover Skripsi.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4121131014 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4121131014 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4121131014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4121131014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4121131014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4121131014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4121131014 Daftar LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM 4121131014 BAB I.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4121131014 BAB V.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 4121131014 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4121131014 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan bahan ajar berbasis masalah pada pokok bahasan asam karboksilat dan ester bertujuan untuk 1) memperoleh bahan ajar yang telah disusun pada materi asam karboksilat dan ester yang sudah memenuhi kriteria kelayakan isi, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian dan kelayakan kegrafikan menurut BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan), dan 2) mengetahui tanggapan dari dosen dan guru mengenai bahan ajar berbasis masalah. Jenis penelitian ini adalah peneilitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan. Penelitian ini meliputi empat tahap, yaitu (1) analisis kebutuhan materi, (2) pengembangan bahan ajar, (3) standarisasi bahan ajar meliputi standarisasi berdasarkan penilaian BSNP dan penilaian masalah, dan (4) revisi bahan ajar. Penelitian ini melibatkan 2 dosen dari jurusan kimia dan 3 guru dari SMA Negeri 7 Medan dan SMA YPK Medan sebagai validator ahli. Instrumen yang digunakan adalah angket penilaian kelayakan berdasarkan BSNP dan angket penilaian masalah yang telah dikembangkan. Hasil yang diperoleh dari pengolahan data angket adalah: 1) penilaian kelayakan modul berdasarkan BSNP valid dan tidak perlu direvisi dengan kelayakan isi sebesar 3,6; kelayakan bahasa sebesar 3,7; kelayakan penyajian sebesar 3,6; kelayakan kegrafikan sebesar 3,6; dengan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 3,65. 2) tanggapan dosen dan guru mengenai modul berbasis masalah adalah positif dan layak digunakan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDibyantini, Ratu Evina196206221986032001
Call Number: SK-2016 KIM 172
Keywords: Pengembangan Modul; Model Pembelajaran; Bahan Ajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Oct 2016 02:26
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20742

Actions (login required)

View Item View Item