PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI DISCOVERY LEARNINGDENGAN MEDIAPOWER POINTTERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN REAKSI REDOKS

Sirai, Ronaldyo A. (2016) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI DISCOVERY LEARNINGDENGAN MEDIAPOWER POINTTERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN REAKSI REDOKS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM 4123331046 COVER(1).pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM 4123331046 LEMBAR PENGESAHAN(1).pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM 4123331046 ABSTRAK(1).pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM 4123331046 KATA PENGANTAR(1).pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM 4123331046 DAFTAR ISI(1).pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM 4123331046 DAFTAR GAMBAR(1).pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM 4123331046 DAFTAR TABEL(1).pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM 4123331046 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM 4123331046 BAB I.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 4123331046 BAB V(1).pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 4123331046 DAFTAR PUSTAKA(1).pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan Problem Based Learning terintegrasi Discovery Learning berbantuan media power point lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan Problem Based Learning berbantuan media power point di SMA Swasta Masehi Berastagi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Masehi Berastagi. Sampel penelitian ini sebanyak 2 (dua) kelas X.5 sebagai kelas eksperimen dan X,1 kelas kontrol. Kelas eksperimen diajarkan dengan model Problem Based Learning terintegrasi Discovery Learning berbantuan media power point dan kelas kontrol diajarkan dengan model Problem Based Learning berbantuan media power point. Instrumen yang digunakan adalah test pilihan ganda materi reaksi redoks berjumlah 20 soal yang telah divalidkan dengan reliabel yang tinggi yaitu rhitung=0,83. Data hasil belajar siswa menunjukkan kedua kelompok sampel yang diuji homogen dan terdistribusi normal. Uji hipotesis menggunakan uji t pihak kanan. Dari uji hipotesis diperoleh t hitung= 3,75 pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 80 dan harga t tabel= 1,66 yang berarti t hitung> t tabelyaitu 3,75 > 1,66. Dari hasil analisis data diperoleh rata-rata gain kelas eksperimen 0,69 dan rata-rata nilai gain kelas kontrol 0,61. Persen peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 70,31 % dan pada kelas kontrol sebesar 61,57 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan problem based learning terintegrasi discovery learning berbantuan media power point lebih tinggi dari peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan problem based learning berbantuan media power point pada kelas X SMA Swasta Masehi Berastagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorKembaren, Agus196808141994031004
Call Number: SK-2016 KIM 162
Keywords: Problem Based Learning, Discovery Learning;power point; peningkatan hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Oct 2016 01:49
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20736

Actions (login required)

View Item View Item