PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI KOLOID DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Wulandari, Febiana (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI KOLOID DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM 4123131032 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM 4123131032 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM 4123131032 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM 4123131032 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM 4123131032 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM 4123131032 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM 4123131032 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM 4123131032 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 NIM 4123131032 BAB I.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 4123131032 BAB V.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 NIM 4123131032 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM 4123131032 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview

Abstract

Pengembangan bahan ajar modul ini bertujuan untuk memperoleh bahan ajar modul berbasis kontekstual yang sesuai dengan kriteria penilaian BSNP dan mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan bahan ajar modul tersebut pada materi koloid. Penelitian ini dilakukan di SMA Panca Budi Medan T.A. 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh dosen kimia UNIMED yang mengajarkan mata kuliah kimia umum, seluruh guru kimia SMA Panca Budi Medan dan seluruh siswa kelas XI MIA SMA Panca Budi Medan yang terdiri dari 2 kelas. Sampel ditetapkan dengan purposive sampling untuk bahan ajar modul maupun untuk mengambil satu kelas yang dijadikan kelas eksperimen. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research dan Development (R&D) dengan desain pretest-postest satu kelompok (One Group Pretest-Postest Design). Pengambilan data untuk penilaian bahan ajar modul diperoleh dengan kriteria penilaian BSNP. Sedangkan, data untuk hasil belajar siswa yang menggunakan modul berbasis kontekstual diperoleh dengan tes hasil belajar yang menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 20 soal yang telah di uji validitasnya, reabilitas, tingkat kesukaran, daya beda dan distruktor. Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar memenuhi kriteria BSNP, data yang diperoleh: Kelayakan Isi = 3,53; Kelayakan Bahasa = 3,48; Kelayakan Penyajian = 3,54; Kelayakan Kegrafikaan = 3,48 dengan kriteria valid dan tidak perlu revisi. Data hasil belajar dianalisis dengan uji t pihak kanan. Hasil uji t-test untuk hasil belajar diperoleh thitung > ttabel () (8,18936 > 1,708). Nilai afektif dan psikomotorik siswa juga berkembang, untuk rata-rata nilai afektif siswa yaitu 60,04 dan rata-rata nilai psikomotorik siswa yaitu 62,39. Berdasarkan hasil analisis data, maka Ho ditolak dan Ha diterima yaitu: hasil belajar kimia siswa dengan menggunakan bahan ajar modul berbasis kontekstual lebih tinggi dari nilai KKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorJuniar, Anna196006131988032001
Call Number: SK-2016 KIM 173
Keywords: Hasil Belajar; Pelajaran Kimia; Pembuatan Mudul
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Oct 2016 01:26
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20734

Actions (login required)

View Item View Item