PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BERBASIS PROYEK PADA PEMBELAJARAN ALKENA DAN ALKUNA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Ulfa, Fauziah (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BERBASIS PROYEK PADA PEMBELAJARAN ALKENA DAN ALKUNA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
(1)SAMPUL.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(2)LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (849kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(3)ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(5)KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(6)DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(7)DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(8)DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(9)DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(10)BAB I.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(14)BAB V.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(15)DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(4)RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview

Abstract

Penerapan model pembelajaran dan pengembangan bahan ajar ini bertujuan untuk mengetahui bahan ajar yang digunakan memenuhi kriteria BSNP, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan bahan ajar modul berbasis proyek pada pokok bahasan alkena dan alkuna. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 10 Medan yang terdiri dari 6 kelas dengan rata – rata siswa per kelas sebanyak 40 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yakni satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Sampel siswa diambil 20 orang siswa per kelas yang dipilih secara acak. Pada kelas eksperimen dibelajarkan model Project Based Learning menggunakan bahan ajar modul berbasis proyek dan pada kelas kontrol dibelajarkan model Project Based Learning tanpa menggunakan bahan ajar modul berbasis proyek. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen penilaian BSNP (Badan Standar nasional Pendidikan) yang akan dibagikan kepada 1 guru kimia dan 3dosen kimia, dan tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang valid dan reliabel. Sebagai prasyarat uji hipotesis hasil belajar kedua kelompok sampel diuji homogenitas dengan menggunakan uji Levene Test pada program SPSS-20 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar memenuhi kriteria BSNP, data yang diperoleh Dosen: Kelayakan Isi = 3.93; Kelayakan Bahasa = 4.12; Kelayakan Penyajian = 4.16; Kelayakan Kegrafikan = 4.18 dengan kriteria valid dan tidak perlu revisi dan Guru: Kelayakan Isi = 4.54; Kelayakan Bahasa = 4.21; Kelayakan Penyajian = 4.48; Kelayakan Kegrafikan = 4.34 dengan kriteria sangat valid dan tidak perlu revisi. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua kelompok sampel berdistribusi homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji Independent Sample T-Test yaitu uji t pihak kanan. Berdasarkan uji hipotesis hasil belajar siswa diperoleh kesimpulan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan bahan ajar modul berbasis proyek pada pokok bahasan alkena dan alkuna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPurba, Jamalun196412071991031002
Call Number: SK-2016 KIM 171
Keywords: Pengembangan;Alkena dan Alkuna; Kimia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Oct 2016 01:14
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20731

Actions (login required)

View Item View Item