PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION BERBASIS EKSPERIMEN PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

Husni, Aida (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION BERBASIS EKSPERIMEN PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM 4123131003 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM 4123131003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM 4123131003 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM 4123131003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM 4123131003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM 4123131003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM 4123131003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM 4123131003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 NIM 4123131003 BAB I.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 NIM 4123131003 BAB I.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 4123131003 BAB V.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 NIM 4123131003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang dengan model inkuiri terbimbing dan kooperatif group investigation berbasis eksperimen pada materi hidrolisis garam. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas XI SMA N 1 Tanjung Morawa T.A. 2015/1016 dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA N 1 Tanjung Morawa yang terdiri dari 5 kelas. Sampel ditetapkan dengan cara modifikasi cluster random sampling yakni mengambil 2 kelas yang dijadikan kelas eksperimen. Kelas eksperimen pertama yang diberi perlakuan dengan model inkuiri terbimbing berjumlah 31 orang dan kelas eksperimen kedua yang diberi perlakuan dengan model group investigation berjumlah 35 orang. Berdasarkan analisa data, nilai rata- rata postes pada kelas eksperimen pertama adalah 80,65 dengan standar deviasi 7,18 dan rata – rata pada kelas eksperimen kedua 76,38 dengan standar deviasi 9,06 .Hasil observasi keterampilan siswa dalam praktikum menunjukkan rata – rata kelas eksperimen 1 dan 2 adalah 61,3 dan 58,9. Sedangkan pada uji hipotesis diperoleh t hitung = 2,16 dan ttabel = 1,6694 (t hitung > ttabel ). Dari data menunjukkan bahwa hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan model inkuiri terbimbing lebih tinggi dari pada hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan model group investigation, maka dapat disimpulkan pengaruh model inkuiri terbimbing lebih baik dari pada model group investigation terhadap hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSihombing, Kawan195712091981031001
Call Number: SK-2016 KIM 115
Keywords: Model Inkuiri Terbimbing; Group Investigation; Eksperimen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Oct 2016 01:09
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20728

Actions (login required)

View Item View Item