PENGEMBANGAN MODUL KOLOID BERBASIS PROYEK PADA SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 3 MEDAN

Harianja, Mariana M. (2016) PENGEMBANGAN MODUL KOLOID BERBASIS PROYEK PADA SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 3 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 4123131054 COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 4123131054 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 4123131054 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 4123131054 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 4123131054 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 4123131054 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 4123131054 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 4123131054 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 4123131054 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 4123131054 BAB I.pdf - Published Version

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 4123131054 BAB V.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. 4123131054 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan gabungan dari penelitian pengembangan dan eksperimen atau sering disebut dengan research and development (R&D).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modul koloid terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa yang dibandingkan dengan nilai KKM. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 3 Medan, yakni 4 kelas. Sampel di ambil dengan cara random dan sampel yang terpilih yaitu seluruh siswa kelas XI IPA 2. Perlakuan yang diberikan terhadap sampel kelas eksperimen adalah pembelajaran berbasis proyek terintegrasi modul yang telah divalidasi sesuai standar BSNP.Uji hipotesis pada penelitian ini adalah uji hipotesis pihak kanan. Berdasarkan uji hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel atau 12,60 > 1,68 artinya penerimaan Ha yaitu hasil belajar kimia siswa berbasis proyek terintegrasi modul lebih tinggi dari harga KKM. Kemudian rataan hasil belajar kimia siswa yang diperoleh yaitu 87,12, sedangkan harga KKM adalah 75. Dari hasil penelitian diperoleh peningkatan hasil belajar (Gain) sebesar 70 %, sehingga penelitian dianggap berhasil

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorJasmadi, 196511041991031002
Call Number: SK-2016 KIM 183
Keywords: Pengembangan; Modul Berbasis Proyek; Research and Develpment; Koloid
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 20 Oct 2016 06:54
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20714

Actions (login required)

View Item View Item