IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERINTEGRASI MEDIA PADA HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA DALAM MATERI STRUKTUR ATOM

Arianti, Rini (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERINTEGRASI MEDIA PADA HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA DALAM MATERI STRUKTUR ATOM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM 4123331042 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM 4123331042 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM 4123331042 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM 4123331042 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM 4123331042 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM 4123331042 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM 4123331042 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM 4123331042 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 NIM 4123331042 BAB I.pdf - Published Version

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 4123331042 BAB V.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 NIM 4123331042 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview

Abstract

Penerapan model pembelajaran Inkuiri terintegrasi media bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan karakter siswa. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas XI SMA KARTIKA I-2 Medan. Sampel ditetapkan dengan cluster random sampling yakni mengambil 3 kelas yang dijadikan kelas eksperimen. Pengambilan data untuk hasil belajar siswa diperoleh instrumen yang valid sebanyak 22 soal dan reliabel (0.838), namun untuk penelitian hanya 20 soal yang digunakan. Sedangkan, data untuk karakter rasa ingin tahu, kerjasama dan tanggung jawab siswa diperoleh menggunakan data instrumen yang telah valid. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa pada model pembelajaran Inkuiri terintegrasi media Peta Konsep, Powerpoint dan Macromedia Flash, data yang diperoleh : Fhitung > Ftabel yakni Fhitung = 4,604 dengan Ftabel =3,26. Untuk media yang lebih baik adalah Inkuiri terintegrasi Macromedia Flash dibandingkan kedua media lainnya yakni Macromedia Flash > Powerpoint > Peta Konsep dengan rata-rata nilai yang diperoleh : 78,66 > 76,83 > 73,16. Implemetasi model pembelajaran Inkuiri terintegrasi media Peta Konsep, Powerpoint, dan Macromedia Flash dapat menumbuhkembangkan karakter dalam materi struktur atom, dimana pada model Inkuiri terintegrasi Peta Konsep karakter yang muncul atau berkembang adalah rasa ingin tahu = 75,5% dibandingkan kerjasama dan tanggung jawab, untuk Powerpoint karakter yang berkembang adalah kerjasama = 71,6 % dibandingkan rasa ingin tahu dan tanggung jawab, untuk Macromedia Flash karakter yang berkembang adalah tanggung jawab = 80,5% dibandingkan kerjasama dan rasa ingin tahu. Kesimpulan dari penelitian ; ada perbedaan hasil belajar kimia menggunakan model Inkuiri terintegrasi media

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSudrajat, Ajat196406251990031003
Call Number: SK-2016 KIM 189
Keywords: Powerpoint, Macromedia Flash; Inkuiri;Hasil belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 20 Oct 2016 06:48
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20713

Actions (login required)

View Item View Item