PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X MAN 2 MODEL MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Harahap, Evi Yulnani (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X MAN 2 MODEL MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4123341015_COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4123341015_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4123341015_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4123341015_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4123341015_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4123341015_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4123341015_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4123341015_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4123341015_BAB I.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4123341015_BAB V.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4123341015_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem di kelas X MAN 2 Model Medan tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi berupa seluruh siswa kelas X MAN 2 Model Medan tahun pembelajaran 2015/2016. Sampel berjumlah 40 orang siswa. Dari analisa data test akhir ( post test) kelas eksperimen dan kelas kontrol, diperoleh nilai rata-rata untuk kelas eksperimen adalah X= 71,9 dengan varians S2 =97,16. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata X = 62,2 dengan varians S2 = 105,52. Untuk pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel (4, 315 > 1, 987). Berdasarkan hasil belajar siswa diketahui bahwa nilai rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 71,9 dan nilai rata-rata pada kelas kontrol adalah sebesar 62,2. Ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) sangat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa pada materi ekosistem serta efektif dan efisien bagi peningkatan kualitas siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division),akan meningkat/lebih baik pada materi pokok Ekosistem di kelas kelas X-2 MAN 2 Model Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHarahap, Nuraini196103011988032002
Call Number: SK-2016 BIO 162
Keywords: Ekosistem; Pembelajaran Kooperatif; Biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH359 Evolution
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 19 Oct 2016 03:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20685

Actions (login required)

View Item View Item