PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS ARGUMENTASI PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS

Gultom, Rahmad H. (2016) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS ARGUMENTASI PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4123141077 COVER.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4123141077 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4123141077 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4123141077 PREFACE.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4123141077 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4123141077 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4123141077 TABLES.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4123141077 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4123141077 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4123141077 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4123141077 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menyusun instrumen penilaian berbasis argumentasi pada materi pokok ekosistem kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA) mengikuti tahap pengembangan instruksional model 4-D. (2) menilai kelayakn perangkat penilaian berbasis argumentasi pada materi ekosistem kelas X SMA oleh ahli dan praktisi pendidikan. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan desain pengembangan instruksional model 4-D, dibatasi hingga tahap develop. Objek penelitian adalah perangkat pembelajaran berbasis argumentasi pada materi pokok ekosistem pada kelas X Sekolah Menengah Atas. Penilaian produk instrument penilaian berbasis argumentasi menggunakan lembar validasi yang meliputi aspek kelayakan materi, aspek kelayakan desain, dan angket respon guru. Selanjutnya instrumen divalidasi oleh ahli instrumen. Prosedur pengembangannya dimulai dari tahap: (1) analisis masalah; (2) perancangan instrumen penilaian; (3) validasi instrument penilaian. Data penilaian didapat dari 2 ahli materi, 2 ahli desain dan 4 responden praktisi. Hasil validasi aspek materi oleh ahli materi pada instrument penilaian berbasis argumentasi pada materi ekosistem yang dikembangkan masuk pada kriteria sangat baik. Hasil validasi aspek desain oleh validator ahli desain masuk pada kriteria sangat baik. Hasil penilaian guru biologi terhadap Instrumen Penilaian berbasis argumentasi pada materi ekosistem kelas X Sekolah Menengah Atas yang dikembangkan masuk pada kriteria sangat baik. sehingga dapat disimpulkan bahwa instrument penilaian berbasis argumentasi pada materi ekosistem kelas X Sekolah Menengah Atas ini layak digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimatupang, Zulkifli196605161992031001
Call Number: SK-2016 BIO 172
Keywords: Pengembangan; Instrumen Penilaian; Argumentasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH359 Evolution
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 18 Oct 2016 09:55
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20662

Actions (login required)

View Item View Item