PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MAKE A MATCH (MAM)PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA N 1 PARANGINAN KEC. PARANGINAN KAB. HUMBAHAS TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Siburian, Dina M. (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MAKE A MATCH (MAM)PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA N 1 PARANGINAN KEC. PARANGINAN KAB. HUMBAHAS TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4123341013 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4123341013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4123341013 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4123341013 PREFACE.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4123341013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4123341013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4123341013 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4123341013 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4123341013 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4123341013 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4123341013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa menggunakan model pembelajaran tipe Think Pair Share (TPS) dengan Make a Match (MaM) pada materi ekosistem di kelas X SMA N 1 Paranginan Kec. Paranginan Kab. Humbahas Tahun Pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilakukan di kelas X-A berjumlah 31 orang, menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan kelas X-B berjumlah 32 orang, menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match (MaM),sehingga total sampel 63 siswa. Untuk mengetahui hipotesis yang dirumuskan, digunakan uji statistik t. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata posteskelas Think Pair Share (TPS) sebesar 80,108dan nilai rata-rata postes kelas Make a Match (MaM) sebesar75,208. Rata-rata skor aktivitas siswa kelas ekperimen I (TPS) mulai dari pertemuan 1 sampai 4 adalah 70,215%, sedangkan rata-rata skor aktivitas siswa kelas ekperimen I (MaM) mulai dari pertemuan 1 sampai 4 adalah 66,793%. Dengan demikian hasil belajar dan aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran tipe Think Pair Share (TPS) lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match (MaM). Uji hipotesis menunjukkan thitung= 3,478 dengan α=0,05 dan ttabelpada dk = 61 dan α =0,05 adalah 1,99. Oleh karena thitung> ttabel maka hipotesis Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Make a Match (MaM) pada materi ekosistem di kelas X SMA N 1 Paranginan Kec. Paranginan Kab. Humbahas Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSinambela, Masdiana196011051986012001
Call Number: SK-2016 BIO 143
Keywords: Hasil Belajar; Aktivitas Siswa; Think Pair Share
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH359 Evolution
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 18 Oct 2016 09:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20655

Actions (login required)

View Item View Item