PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS INKUIRI DAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN CAPAIAN DAN KOMPETENSI MATA KULIAH FISIKA UMUM DI FMIPA UNIMED

Motlan, and Sinulingga, Karya and Siagian, Henok (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS INKUIRI DAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN CAPAIAN DAN KOMPETENSI MATA KULIAH FISIKA UMUM DI FMIPA UNIMED. Research Report. FMIPA Unimed.

[img]
Preview
Text
Cover, Kata Pengantar, Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan lanjutan penelitian Motlan, dkk. (2012) dengan judul: "Penerapan Metode Inkuiri Berbasis Blended Learning dan Kreativitas Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada mata kuliah Fisika Umum di FMIPA Unimed". Temuan penelitian ini antara lain: (1) menghasilkan disain metode inkuiri berbasis Blended Learning, dan (2) ada perbedaan yang signifikan hasil belajar fisika umum antara kelompok mahasiswa yang dibelajarkan dengan disain metode inkuiri berbasis blended learning dengan metode konvensional. Rata capaian hasil belajar kelompok metode inkuiri berbasis blended learning adalah 71,92 (>70, sudah mencapai standar kompetensi minimal (kategori cukup) dan capaian hasil belajar kelompok metode konvensional adalah 65,50 (<70, belum mencapai standar kompetensi minimal). Belum tercapainya kompetensi fisika umum secara maksimal (rata-rata minimal 80), disebabkan masih ada beberapa kekurangan mahasiswa dalam menerapkan tahapan pembelajaran inkuiri dalam kegatan pembelajaran yaitu: tahapan pegumpulan data masih kurang (60), tahapan pengujian hipotesis masih kurang (65), dan belum tersedianya bahan ajar Fisika Umum berbasis inkuiri di website (internet) yang sesuai, mahasiswa harus mengakses bahan pembelajaran dari daftar situs di internet yang telah diberikan kepada mahasiswa. Peningkatkan kemampuan mahasiswa dalam pengumpulan data dan pengujian hipotesis dapat dilakukan melalui penyediaan bahan ajar berbasis inkuiri dan blended learning. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan bahan ajar fisika berbasis inkuiri dan blended learning yang dibutuhkan dan dapat digunakan oleh Tim Fisika Umum dalam upaya meningkatkan kompetensi Fisika Umum mahasiswa FMIPA Unimed, dan (2) menghasilkan beberapa publikasi ilmiah dalam Jurnal Nasional Terakreditasi dan Jurnal Internasional yang berkaitan dengan bahan ajar Fisika Umum berbasis inkuiri dan blended learning. Sedangkan tujuan khusus harus dicapai adalah menghasilkan: (a) situs bahan ajar Fisika Umum berbasis inkuiri, (b) bahan ajar berbasis inkuiri, (b) media, (c) tes standar fisika umum, (e) buku panduan mahasiswa, dan (f) buku panduan dosen. Model yang digunakan untuk menghasilkan produk pengembangan ini diadaptasai dari model desain pembelajaran Dick dan Carey. Tahapan-tahapan yang dilakukan adalah : (a) analisis kompetensi, (b) analisis sumber belajar dan karakteristik mahasiswa, (c) merumuskan tujuan pembelajaran, (d) mengembangkan butir tes dan tugas, (e) mengembangkan bahan ajar berbasis inkuiri dan blended learning, (f) merancang/melaksanakan evaluasi formatif, dan (g) merancang dan melaksanakan evaluasi sumatif. Sebelum tahapan-tahapan pengembangan tersebut dilakukan, dilakukan penelitian awal dengan cara mengedarkan angket analisis kebutuhan kepada 10 orang dosen fisika umum dan 60 orang mahasiswa yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang berkaitan dengan bagian-bagian pembelajaran fisika umum dan karakteristik belajar mahasiswa yang perlu dan mendesak ditanggulangi dalam upaya meningkatkan kualitas prose dan hasil pembelajaran fisika umum di FMIPA Unimed. Selain mengisi angket, pengumpulan data awal dilakukan wawancara dengan dosen fisika umum, mahasiswa, alumni (guru), dan kajian dokumentasi perangkat pembelajaran fisika umum yang terdokumentasi oleh di Prodi Pendidikan Fisika FMIPA Unimed. Teknik analisis data menggunakan teknik persentase dan dilanjutkan dengan membandingkan data persentase dosen, guru, dan catatan wawancara/dokumentasi. Berdasarkan analisis data angket, wawancara, dan kajian dokumentasi perangkat pembelajaran, beberapa simpulan penting dan mendesak untuk ditanggulangi dalam upaya peningkatan kualitas proses dan capaian kompetensi fisika umum I di FMIPA Unimed adalah: (1) daya tarik bahan ajar fisika umum I masih kurang, (2) melengkapi bahan ajar untuk mengembangkan sikap mahasiswa belajar fisika, (3) melengkapi bahan ajar fisika kegiatan inkuiri, dan berkaitan dengan dunia nyata, (4) melengkapi bahan ajar dengan jaringan internet, dan (5) penggunaan jaringan internet dalam pembelajaran fisika umum oleh dosen masih sangat kurang. Beberapa simpulan diatas, yang menjadi fokus kegiatan pengembangan ini ada tiga yaitu: (1) mengembangkan bahan ajar fisika umum I dengan melengkapi isi bahan ajar dengan kehidupan nyata, dan kegiatan inkuiri, (2) mengembangkan tes kompetensi, dan (3) membuat website pembelajaran fisika umum I. Produk pengembangan yang dihasilkan pada Tahun I (2015) adalah: (1) Draf bahan ajar fisika umum I, yaitu materi ajar fisika umum I yang dilengkapi dengan lembar kerja mahasiswa berbasis inkuiri (LKMBI) yang dicetak dalam bentuk buku. (2) Draf Perangkat tes kompetensi fisika umum I berjumlah 3 set. (3) Nama situs blended learning dan petunjuk: penggunaannya yang memuat draf sampel bahan ajar fisika umum I dan draf perangkat tes kompetensi fisika umum I.

Item Type: Monograph (Research Report)
Keywords: Bahan ajar; Blended learning; Inkuiri; Kompetensi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 18 Oct 2016 08:26
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20652

Actions (login required)

View Item View Item