PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN MODEL INQUIRY PADA MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA NEGERI 1 STABAT TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Alpira, Rizki Ananda (2016) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN MODEL INQUIRY PADA MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA NEGERI 1 STABAT TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4123341042 COVER.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4123341042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4123341042 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4123341042 PREFACE.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4123341042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4123341042 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4123341042 TABLES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4123341042 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4123341042 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4123341042 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4123341042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model Project Based Learning dengan Inquiry pada materi pencemaran lingkungan di kelas X SMA Negeri 1 Stabat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dimana populasinya adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Stabat yang bejumlah 6 kelas. Dengan jumlah siswa 288 orang. Pengambilan sampel secara purposive sampling dan didapat dua kelas sebagai sampel yaitu kelas X- MIA 2 yang berjumlah 40 orang siswa diajarkan dengan model pembelajaran Project Based Learning dan kelas X-MIA 3 yang berjumlah 39 orang siswa diajarkan dengan model pembelajaran Inquiry. Ratarata hasil belajar yang didapatkan untuk kelas Project Based Learning sebasar 82,9 ± 10,08 lebih baik dibanding kelas Inquiry dengan rata-rata hasil belajar yaitu sebesar 78,46 dengan ± 12,19. Perbandingan hasil belajar siswa yang diajar dengan model Project Based Learning dan model Inquiry adalah sebesar 1,2: 1. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t menghasilkan thitung = 1,76 dan ttabel=1,665 dengan dk=77 dan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan kriteria Ho diterima jika – t1 – ½  < t < t1 - ½  , maka penelitian ini menolak Ho dan menerima Ha. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbandingan hasil belajar siswa yang diajar dengan model Project Based Learning dengan Inquiry pada materi pencemaran lingkungan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Stabat Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTarigan, Rosita195206231976032001
Call Number: SK-2016 BIO 182
Keywords: Model Pembelajaran; Pencemaran Lingkungan; Project Bassed Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH359 Evolution
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 18 Oct 2016 06:54
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20629

Actions (login required)

View Item View Item