PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 12 MEDAN T.P. 2015/2016

Siagian, Hana Daforosa R. (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 12 MEDAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01_NIM.4123321021_COVER.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02_NIM.4123321021_APPROVAL.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03_NIM.4123321021_ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04_NIM.4123321021_PREFACE.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05_NIM.4123321021_TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06_NIM.4123321021_ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07_NIM.4123321021_TABLES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08_NIM.4123321021_APPENDICES.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09_NIM.4123321021_CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13_NIM.4123321021_CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14_NIM.4123321021_BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 12 Medan T.P. 2015/2016. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 12 Medan yang berjumlah 360 siswa yang terdiri dari sembilan kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X-2 (sebagai kelas eksperimen) yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas X-4 (sebagai kelas kontrol) yang diberi perlakuan menggunakan pembelajaran konvensional yang ditentukan dengan cara cluster random sampling. Data penelitian ada dua macam yaitu dalam bentuk hasil belajar dan observasi aktivitas siswa. Data hasil belajar siswa yang diperlukan dalam penelitian ini menggunakan tes pilihan berganda dengan jumlah 15 soal dengan lima option jawaban yang sebelumnnya telah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 42,46 dan kelas kontrol adalah 43,89, setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 77,02 dan kelas kontrol 68,15. Pada proses pembelajaran inkuiri terbimbing berlangsung dilakukan pengamatan terhadap aktivitas siswa, dimana hasilnya dikategorikan aktif sejalan dengan peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis uji normalitas dan uji homogenitas pada kedua kelas diketahui bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelas berasal dari kelompok yang homogen. Berdasarkan hasil uji t satu pihak diperoleh thitung > ttabel, hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 12 Medan T.P. 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: SK-2016 FIS 152
Keywords: Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry); Hasil Belajar; Aktivitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC501 Electricity
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Oct 2016 08:19
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20611

Actions (login required)

View Item View Item