PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI POKOK SUHUDAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 14 MEDAN T.P 2015/2016

Briana, Juli (2016) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI POKOK SUHUDAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 14 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01_NIM.4123121030_COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02_NIM.4123121030_APPROVAL.pdf - Published Version

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03_NIM.4123121030_ABTRACT.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04_NIM.4123121030_PREFACE.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05_NIM.4123121030_TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07_NIM.4123121030_ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08_NIM.4123121030_APPENDICES.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09_NIM.4123121030_CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13_NIM.4123121030_CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14_NIM.4123121030_BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 14 Medan T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 14 Medan yang terdiri dari 9 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, kelas X-3 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan model problem based learning dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Sebelum perlakuan diberikan, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah dalam bentuk essai sebanyak 10 soal yang telah dinyatakan valid. Dari hasil penelitian diperoleh, diperoleh nilai rata – rata pretes kelas eksperimen 21,40 dengan standar deviasi 6,91 dan pada kelas kontrol sebesar 20,00 dengan standar deviasi 5,77. Setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas, data nilai pretes dari kelas eksperimen dan kontrol dinyatakan berdistribusi normal dan homogen. Melalui pengujian statistik diperoleh hasil yang signifikan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah setara. Kemudian diberikan perlakuan pada kelas eksperimen dengan model problem based learning sedangkan kelas kontrol diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai, diberikan postes dan diperoleh nilai rata –rata kelas eksperimen 43,51 dengan standar deviasi 5,83, dan kelas kontrol 42,57 dengan standar deviasi 4,82. Melalui pengujian statistik menggunakan uji-t satu pihak dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X SMA Negeri 14 Medan T.P.2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiregar, Alkhafi Maas19690127199412001
Call Number: SK-2016 FIS 117
Keywords: Model Problem Based Learning; Kemampuan pemecahan masalah; Konvensional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC251 Heat
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Oct 2016 07:25
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20598

Actions (login required)

View Item View Item