HUBUNGAN KECERDASAN MAJEMUK DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Lubis., Debi Pebrina (2016) HUBUNGAN KECERDASAN MAJEMUK DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7123141007 COVER.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7123141007 APPROVAL.pdf - Published Version

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7123141007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 7123141051 PEREACE.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7123141007 TABLE OF CONTAINT.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7123141007 TABLES.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 7123141007 ILLUSTRATON.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7123141007 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 7123141007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (676kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7123141007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 7123141007 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan majemuk dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar ekonomi Siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Medan Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Medan dengan jumlah 108 siswa. Teknik penggambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling dengan sampel 32 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner sebanyak 25 butir, kuesioner dinyatakan reliabel dengan Alpha Cronbach 0,896 untuk variabel kecerdasan majemuk dan 0,892 untuk variabel kemandirian belajar. Selain itu digunakan studi dokumentasi untuk hasil belajar ekonomi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji koefisien korelasi dan untuk menguji hipotesi digunakan uji t uji ini dilakukan untuk mengukur pengaruh secara parsial, sedangkan untuk mengukur pengaruh secara secara simultan digunakan uji F. Data yang berhasil dikumpulkan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan infrensial. Hasil analisis data menunjukkan bahwa koefisien korelasi X1 dengan Y sebesar 0,345 dalam kategori rendah, korelasi X2 dengan Y sebesar 0,390 dalam kategori rendah serta korelasi X1 dan X2 dengan Y sebesar 0,407 dalam kategori agak rendah. Kemudian hasil uji t menunjukkan nilai sig sebesar 0,018 < 0,05 maka hipotesis 1 diterima dan 0,038 < 0,05 maka hipotesis 2 diterima. Selanjutnya uji F dengan nilai sig 0,042 < 0,05 maka hipotesis 3 diterima. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut ada hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan majemuk dengan prestasi belajar ekonomi, ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar ekonomi, dan ada hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan majemuk dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Medan Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorThamrin, 196407191993031003
Call Number: SK-2016 EKO 104
Keywords: Kecerdasan Majemuk; Kemandirian Belajar;Prestasi Belajar Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Oct 2016 01:04
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20547

Actions (login required)

View Item View Item