PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA KATOLIK 1 KABANJAHE TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Sigiro,, Sandro Arga (2016) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA KATOLIK 1 KABANJAHE TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. SANDRO ARGA SIGIRO - COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. SANDRO ARGA SIGIRO - LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. SANDRO ARGA SIGIRO - ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. SANDRO ARGA SIGIRO - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. SANDRO ARGA SIGIRO - DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. SANDRO ARGA SIGIRO - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. SANDRO ARGA SIGIRO - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. SANDRO ARGA SIGIRO - DAFAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. SANDRO ARGA SIGIRO - BAB I.pdf - Published Version

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. SANDRO ARGA SIGIRO - BAB V.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. SANDRO ARGA SIGIRO - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa kelas XII IPS SMA Katolik 1 Kabanjahe. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh lingkungan belajar (keluarga, sekolah dan masyarakat) dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Katolik 1 Kabanjahe tahun pembelajaran 2016/2017 Penelitian ini dilaksanakan di SMA Katolik 1 Kabanjahe. Populasi penelitian adalah sejumlah 135 orang yang terdiri dari tiga kelas dan sampel penelitian sejumlah 68 orang yang di ambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data digunakan observasi, angket dan dokumentasi. Untuk uji insrtument penelitian adalah uji validitas dan reliabilitas angket. Teknik analisis data digunakan dengan rumus regresi linier berganda, untuk uji hipotesis digunakan rumus parsial (uji-t) dan uji simultan (uji-f). Dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel X terhadap Y digunakan uji Koefisien determinasi (uji R2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. ada pengaruh positif dan signifiikan secara parsial antara variabel bebas yaitu lingkungan belajar terhadap prestasi belajar akuntasi diperoleh nilai thitung 3,198 dan diketahui nilai ttabel 1,668, maka thitung > ttabel (3,198 > 1,668) 2. bahwa ada pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntasi siswa kelas XII IPS SMA Katolik 1 Kabanjahe Thitung > Ttabel (5,496 > 1,668) 3. ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntasi siswa kelas XII IPS SMA Katolik 1 Kabanjahe nilai Fhitung> Ftabel (64,132 > 3,99). Untuk uji koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai R2 sebesar 0,664 dan yang lainnya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Bedasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntasi siswa kelas XII IPS SMA Katolik 1 Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2016/2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilaban, Saut195608141980111001
Call Number: SK-2016 AKT 173
Keywords: Lingkungan Belajar; Motivasi Belajar; Prestasi belajar akuntansi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Oct 2016 07:52
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20537

Actions (login required)

View Item View Item