helvetia diterima classe masing dibanding akuntansi outcome education homogenita smanegeri 152student final terdiri adalah student wa untuk deviation learning ditolak research ambarita reliabilita located populasi jurnal higher studi kela 2015 dikela ABSTRAK mengetahui beralamatdi thitung score soal sampling pengumpulan sebenarnya pendidikan accepted negeri dan than adjusment data hipotesi entrie instrument penelitian actual metode method validity experiment ttabel tinggi into damayanti purposive bahwa teknik normalita masalah berjumlah rendahnya uji daya know dapat friska perumna mediahandout choice digunakan pilihan divided analisi reliabilty different untukmengukur pembeda population test jadi question skripsi collect ha based thesi adjusting economic kepada 7123342012 lebih diberikan aim mean effect hypothesi tingkat ended sedangkan departement seluruh taught known ekonomi result medan avarage siswa program period all taraf tahun control jln rata konvensional disimpulkan yaitu multiple grade diperoleh sampel homogeneity open sejumlah significant pembelajaran IPS post SMA ini media fakulta conventional normality tested subject coba model study 152 dilakukan deviasi dilaksanakan clas accounting penyesuaian berarti collection kunci medantahun dengan menggunakan SD sebelum conducted signifikan XI each technique testing pengujian eksperimen endeddengan mediatoward te universita cempaka sample problem journal teaching instrumen terhadap difficulty given analysi 689 hasil entry skor using maka sehingga altervative kontrol kata concluded validita level xiipsclas berganda standar used pengaruh learnig pada diajarkan low handout jurusan yang belajar kesukaran 2016 NIM dari bertujuan standard before berdasarkan