PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTASI SISWA KELAS XII IPS SMA SWASTA TELADAN MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Suryana,, Ade Irma (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTASI SISWA KELAS XII IPS SMA SWASTA TELADAN MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7123142001 COVER.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7123142001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7123142001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7123142001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7123142001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7123142001 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7123142001 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7123142001 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7123142001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7123142001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7123142001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (383kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Swasta Teladan Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Swasta Teladan Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Teladan Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Swasta Teladan Medan sebanyak 3 kelas yang keseluruhan berjumlah 104 orang. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang diambil secara random sampling, yaitu kelas XII IPS-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPS-2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda (multiple choice) sebanyak 20 soal. Teknik analisis data dilakukan dengan uji asumsi dan uji beda atau uji-t. Hasil penelitian diperoleh rata-rata siswa pada kelas eksperimen, sebelum diberikan perlakuan pengajaran sebesar 50,65 dan setelah diberikan perlakuan pengajaran dengan model pembelajaran Project Based Learning, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan menjadi 77,36. Sementara nilai rata-rata siswa pada kelas kontrol, sebelum diberikan perlakuan pengajaran sebesar 48,94 dan setelah diberikan perlakukan pengajaran dp0p-0engan pembelajaran konvensional mengalami peningkatan menjadi 67,23. Selanjutnya dari hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung = 6,066 > ttabel = 1,68 pada taraf α = 0,05, maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi kelas XII IPS di SMA Swasta Teladan Medan tahun pembelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Effi Aswita195709231984032011
Call Number: SK-2016 AKT 143
Keywords: Pembelajaran Project Base Learning; Akuntansi; Hasil Belajar Siswa
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Oct 2016 06:36
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20473

Actions (login required)

View Item View Item