PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SMK SWASTA ERIA MEDAN T.P 2016/ 2017

Butar Butar, Aser (2016) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SMK SWASTA ERIA MEDAN T.P 2016/ 2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM 7123141019 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7123141019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 7123141019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7123141019 KATA PREFACE.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7123141019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7123141019 TABLES.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7123141019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7123141019 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 7123141019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7123141019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 7123141019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa, kurangnya disiplin belajar siswa dan masih rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, mengetahui pengaruh antara disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa, dan mengetahui pengaruh antara motivasi belajar dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada Smk Swasta Eria Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Smk Swasta Eria Medan yang berjumlah 50 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik total sampling, yaitu mengambil seluruh populasi sebagai sampel penelitian, yaitu sebanyak 50 orang. Data variabbel motivasi belajar, dan disiplin belajar diambil menggunakan angket dan variabel hasil belajar dengan menggunakan dokumen daftar nilai ulangan siswa. Uji instrumen meliputi validitas dan reliabilitas. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda dan menggunakan uji hipotesis secara parsial (uji t) dan secara simultan (uji f). Sebelum dilakukan uji analisis maka dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan kolmogorov smirnov dan uji multikolinieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan hasil belajar siswa kelas X Smk Swasta Eria Medan dalam kategori cukup yaitu 42%. Pengujian terhadap hipotesis secara parsial dengan taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa, dimana nilai thitung > ttabel (4,249>1,677). Pengujian hipotesis secara simultan dengan taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa, dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,795 atau 79,5%, dimana hal ini menunjukkan bahhwa besarnya sumbangan pengaruh yang diberikan oleh variabel motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar adalah sebesar 79,5%. Bagi siswa Smk Swasta Eria Medan, dapat menggunakan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman tentang motivasi belajar dan disiplin belajar dalam upaya untuk mempertahankan dan meningkatkan hasil belajar. Upaya yang dilakukan dengan berusaha memperhatikan dan meningkatkan motivasi belajar dan disiplin belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBarus, Cepat195303131979031003
Call Number: SK-2016 ADP 084
Keywords: Motivasi;Disiplin; Hasil belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 Oct 2016 03:39
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20448

Actions (login required)

View Item View Item