PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) DAN KARAKTER SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARANEKONOMI KELAS X SMA N 1 STTU JULU KAB. PAKPAK BHARAT T.P 2015/2016

Berutu,, Nirvana (2016) PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) DAN KARAKTER SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARANEKONOMI KELAS X SMA N 1 STTU JULU KAB. PAKPAK BHARAT T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7122141022 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7122141022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7122141022 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 7122141022 PREFACE.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7122141022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7122141022 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7122141022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7122141022 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 7122141022 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7122141022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh model group investigation dan karakter siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa Kelas X SMA N 1 Sttu Julu Kab. Pakpak Bharat T.P 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA N 1 Sttu Julu Kab. Pakpak Bharat T.P 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA N 1 Sttu Julu Kab. Pakpak Bharat.yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 44 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 22 orang dan X-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Total Sampling. Instrument atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk Multiple Choice sebanyak 20 soal dan angket sebanyak 22 pernyataan yang terlebih dahulu telah diuji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran tes, dan uji daya beda tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan Anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. Pertama bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan pembelajaran group investigation lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional yang ditunjjukkan dari hasil hipotesis dimana nilai Fhitung = 5,72 > Ftabel = 2,28 dengan nilai signifikan α=0,05. Kedua, hasil belajar siswa yang memiliki karakter siswa baik lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang memiliki karakter siswa kurang baik atau terdapat pengaruh karakter siswa terhadap hasil belajar siswa yang diperoleh dari dari hipotesis kedua Fhitung = 1239,669 > Ftabel = 2,28 dengan nilai signifikan α = 0,05. Ketiga, terdapat pengaruh model pembelajaran group investigation dan karakter siswa terhadap hasil belajar ekonomi yang diperoleh dari hipotesis ketiga Fhitung = 3,09 < Ftabel 2,28 dengan nilai signifikan α =0,05 atau terdapat pengaruh model pembelajaran group investigation dan karakter siswa terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, diupayakan agar guru dalam pembelajaran ekonomi menerapkan model pembelajaran group investigation dan berupaya meningkatakan karakter siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHarahap, M.Rusdy195308101980031002
Call Number: SK-2016 ADP 052
Keywords: Model Group Investigation; Karakter Siswa; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 Oct 2016 03:01
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20442

Actions (login required)

View Item View Item