tujuan masing masukan prinsip betul pelatihan peningkatan disimpu1kan kemampaun formatif keberhasilan dina meningkatkannya menyusun ditetapkan sejauhmana bertambahnya sekadar paling lmplementasi melaksanakan pendidik manifestasi deskripsi workshop berikut instrumen terhadap bahwa teknik kriteria me1aksanakan dia1ami tidak kategori terutama basil penilaian ranah secara perencanaan kegiatan fenomena diharapkanlebih ketika sekedar ke1a tetapi kemampuan sendiri pengembangan untuk psikoinotor mempedomani apektif tersebut selanjutnya melainkan berhasil melatih ata siswa meningkatkan dalan1 uraian cakrawala khususnya keputusan ahir mutu kota upaya merupakan usaha pembahasan mengevaluasi panduannya hasil profesionalita memilili pelajaran merencanakan dapat prose memiliki dalam diperlukan berjalan melaksanakannya afektif diharapkan memberikan maka gambaran sistem penilai pembelajaran sedang itu kabur rangka kualita tepat mengimplikasikan cakupan SMA digunakan dasar satuan kela luasnya berbasi selain mengembangkan pertimbangan ini pengalaman bertukar bagi para mengetahui jela kebijakan menunjukkan paham mengerjakan hal ada model menyelenggarakan peni1aian demikian mengajar melihat SIMPULAN tentang pemantauan biologi dilakukan sesuai mampu implikasi karena MGMP wawasan kurangnya membuka dilaksanakan pada takengon penga1aman soal simpulan agar potensinya pengetahuan SARAN sebuah membuat BSNP pendidikan BABV forum kognitif asfek lua negeri dan diterbitkan IMPLIKASI efektif petunjuk sangat kepada bio1ogi dengan data berkaitan akan saran atau berpengaruh yang mempunyai komprehensif menilai apabila pemahaman lebih penialian diberikan harapan guru banyak penelitian belajar sebagai mengoptimalkan penyusunan menentukan XI dari kompetensi terdapat mengukur mata fungsi psikomotor oleh hambatan DAN telah penguasaan metode rubrik setiap berdasarkan mencari penunjukan jika tingkat