tujuan segala berikut tidak adalah untuk koefisien regresi khususnya persamaan artinya berperan mencapai prose memiliki dalam diharapkan waktu dipengaruhi aktifita studi menurun kela bidang 2015 berastagi 580 menunjukkan mengerjakan 968 manajemen thitung soal 533 pendidikan negeri dan data berkaitan saran guru penelitian latihan sisanya 439 terdapat oleh motivasi lingkungan meningkat sebesar bagaimana sebaiknya tinggi R2 maupun diikuti berlangsung bahwa potensi supaya positif anak 102 peneliti dapat arahan haru sebaliknya analisi mengulang lain luar 100 agar keluarga prestasi sebanyak memantau diinginkan kepada 409 berpengaruh tunjukkan lebih diberikan faktor sebagai pihak cara DAN fasilita jika nilai sudah determinasi 101 perhitungan sedangkan terlihat memperhatikan kegiatan ekonomi medan memuaskan siswa meningkatkan ekstrakurikuler tahun pelajaran negative yaitu diperoleh pembelajaran IPS BAB SMA dimiliki bisa antara ini bagi baik hal tua persen dilakukan meneliti variabel SARAN selalu ajaran memberi dengan akan signifikan 785 XI terhadap KESIMPULAN selaku tersebut selanjutnya sumbangan hasil linier memberikan maka sekolah kesimpulan penting berganda esktrakurikuler satu pengaruh bertambah besarnya mengajar dikemukakan 000 pada mengikuti dipelajari orang atau yang minat mengingatkan belajar 2016 dari bertujuan mengatur tercapainya berdasarkan