PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X MAN KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Lestari, Suci (2016) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X MAN KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7123141139 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.NIM 7123141139 APPROVALSHEET.pdf - Published Version

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 7123141139 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7123141139 PERFACE.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7123141139 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7123141139 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7123141139 TABLES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7123141139 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7123141139 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 7123141139 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7123141139 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 7123141139 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “ rendahnya prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi ekonomi Siswa Kelas X IPS MAN Kabanjahe Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilakukan di MAN Kabanjahe Kab. Karo pada semester genap Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPS yang berjumlah 71 orang. Dalam penelitian ini digunakan metode teknik Total Sampling. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian diperoleh model regresi linear berganda Y = 40,884+ 0,138X1 + 0,404X2 + e. Hasil penelitian juga menunjukkan nilai R Square sebesar 43,00% yang berarti prestasi belajar ekonomi dapat dijelaskan melalui variabel fasilitas belajar dan lingkungan keluarga sebesar 43,00%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, terdapat pengaruh signifikan antara Fasilitas Belajar terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai thitung sebesar 2,145 dan ttabel 1,667 maka thitung > ttabel (2,145 > 1,667). Selain itu juga terdapat pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai thitung sebesar 6,133 dan ttabel 1,667, maka thitung > ttabel (6,133 > 1,667). Secara simultan, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel Fasilitas Belajar ( X1), dan Lingkungan keluarga ( X2) terhadap prestasi belajar ekonomi (Y) dengan nilai fhitung > ftabel (25,674 > 3,13). Berdasarkan analisis di atas dapat disimpulkan bahwa fasilitas belajar dan lingkungan keluarga memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IPS MAN Kabanjahe Tahun Pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorJohnson, 196111021987031001
Call Number: SK-2016 EKO 086
Keywords: Fasilitas Belajar; Lingkungan Keluarga; Prestasi Belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Oct 2016 08:11
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20328

Actions (login required)

View Item View Item