helvetia classe dibanding grde rate education homogenita show lowest terdiri adalah keyword student untuk deviation learning research application located populasi serdang dalam rather higher ABSTRACT studi kela 2015 ABSTRAK adanya pre mengetahui menunjukkan ada thitung score ekperimen pendidikan negeri dan than standart data hipotesi tipe penelitian collaborated start metode averaged method sebesar experiment ttabel tinggi tanjung state bahwa teknik secara normalita applied rendahnya positif beralamat uji know dapat university permasalahan varian economy choice digunakan strategi pilihan analisi 226 population test question skripsi collect ha based thesi deli lebih sebagai use achievement aim kolaborasi major jumlah hypothesi mengumpulkan nilai type there sedangkan dijadikan taught positively ekonomi result medan siswa program all taraf control rata konvensional yaitu multiple grade diperoleh sampel homogeneity significant pembelajaran post SMA ini fakulta conventional normality model study affect case deviasi consisist dilaksanakan clas kunci dengan menggunakan collaboration wih signifikan technique pengujian eksperimen pretest te posttest universita average sample thaught problem conclude wulandari terhadap analysi STAD hasil cooperative using maka PAB sehingga kesimpulan pasar kontrol kata variance kooperatif faculty berganda 7123141034 standar used pengaruh dwi influence jeni pada diajarkan while alat strategy jurusan orang yang dikolaborasikan street belajar 2016 NIM dari bertujuan semua ditarik division team berdasarkan