PENGARUH PERGAULAN TEMAN SEBAYA, DISIPLIN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PEROLEHAN INDEKS PRESTASI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2013 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Marbub, Aprilia (2016) PENGARUH PERGAULAN TEMAN SEBAYA, DISIPLIN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PEROLEHAN INDEKS PRESTASI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2013 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7123141013 COVER.pdf - Published Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7123141013 APPROVAL.pdf - Published Version

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7123141013 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 7123141013 PREFACE.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7123141013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7123141013 TABLES.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7123141013 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 7123141013 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7123141013 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 7123141013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa, 2) Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa, 3) Pengaruh Minat Belajar Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa, 4) Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya, Disiplin Belajar dan Minat Belajar Terhadap Perolehan Indeks Prestasi Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2013 Universitas Negeri Medan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 85 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling. Penelitian ini adalah penelitian Expost Facto, dimana untuk mendapatkan data penelitian digunakan angket, obsevasi dan dokumentasi. Berdasarkan uji hipotesis secara parsial (uji-t) diperoleh hasil bahwa variabel pergaulan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap perolehan indeks prestasi mahasiswa yang ditunjukkan nilai thitung > ttabel (2,662 > 1,664) untuk variabel disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap perolehan indeks prestasi mahasiswa yang ditunjukkan nilai thitng > ttabel (3,614 > 1,664) dan untuk variabel minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap perolehan indeks prestasi mahasiswa yang ditunjukkan nilai thitung > ttabel (2,933 > 1,664). Sedangkan dengan uji hipotesis secara simultan (uji-F) diperoleh hasil bahwa pergaulan teman sebaya, disiplin belajar dan minat belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap perolehan indeks prestasi mahasiswa yang ditunjukkan nilai Fhitung > Ftabel (146,424 > 3,11). Berdasarkan uji koefisien determinasi, diperoleh nilai R2 sebesar 0,844 yang artinya pergaulan teman sebaya, disiplin belajar dan minat belajar sebesar 84,4% dapat menjelaskan perolehan indeks prestasi mahasiswa dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif dan signifikan pergaulan teman sebaya, disiplin belajar dan minat belajar terhadap perolehan indeks prestasi mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2013 Universitas Negeri Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMaipita, Indra197104032003121003
Call Number: SK-2016 EKO 084
Keywords: Disiplin Belajar; Minat Belajar; Indeks Prestasi Mahasiswa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Oct 2016 07:24
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20320

Actions (login required)

View Item View Item