PENGARUH MINAT BACA DAN PEMANFAATAN MEDIA INTERNET TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 MEDAN T.P 2015/2016

Sari, Nurtika (2016) PENGARUH MINAT BACA DAN PEMANFAATAN MEDIA INTERNET TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7121141062 COVER.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7121141062 APPROVALSHEET.pdf - Published Version

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7121141062 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 7121141062 PERFACE.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7121141062 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7121141062 TABLES.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7121141062 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7121141062 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 7121141062 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.NIM 7121141062 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.NIM 7121141062 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat baca dan pemanfaatan mediah internet terhadap hasil belajar ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Medan T.P 2015/2016. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 11 Medan semester genap Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 400 orang dan sampel sebanyak 100 orang diambil dengan cara random sampling. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian diperoleh model regresi linear berganda Y = 35,767+ 0,197X1 + 0,366X2 + e. hal tersebut berarti apabila nilai X1 dan X2 adalah 0, maka nilai Y adalah 35,767. Apabila terjadi kenaikan satu unit nilai X1 maka terdapat peningkatan sebesar 0,197 terhadap Y dan apabila terjadi kenaikan satu unit nilai X2 maka terdapat peningkatan sebesar 0,366 terhadap Y. Koefisien bernilai positif yang berarti ada pengaruh positif antara minat baca dan pemanfaatan media internet terhadap hasil belajar ekonomi. Hasil penelitian juga menunjukkan nilai R Square sebesar 0,557 yang berarti hasil belajar ekonomi dapat dijelaskan melalui variabel minat baca dan pemanfaatan media internet sebesar 55,70%. Sedangkan 44,30% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini. Secara parsial, terdapat pengaruh signifikan antara minat baca terhadap hasil belajar ekonomi dengan nilai sig. 0,00 < 0,05. Selain itu juga terdapat pengaruh signifikan antara pemanfaatan media internet terhadap hasil belajar ekonomi dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. Secara simultan, terdapat pengaruh signifikan secara antara minat baca (X1) dan pemanfaatan media internet (X2) terhadap hasil belajar ekonomi (Y) dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. Berdasarkan analisis di atas dapat disimpulkan bahwa minat baca dan pemanfaatan media internet memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan Tahun Pelajaran 2015/2016

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHanu, La196412311991031040
Call Number: SK-2016 EKO 113
Keywords: Minat Baca; Pemanfaatan Media Internet; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Oct 2016 06:30
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20313

Actions (login required)

View Item View Item