PERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 GEBANG T.A 2016/2017

Nasution, Tuti Herda Jayanti (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 GEBANG T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7123341118 COVER.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7123341118 APPROVALSHEET.pdf - Published Version

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7123341118 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 7123341118 PERFACE.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7123341005TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7123341118 TABLES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7123341118 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7123341118CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 7123341118 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7123341118 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi Yang Diajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Dan Model Pembelajaran Snowball Throwing Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Gebang T.A 2016/2017 Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Gebang yang beralamat di Jln diponegoro. Populasi penelitian ini terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa 105 orang siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas. Sampel ini diambil dengan cara random Sampling, sehingga terpilih kelas XI IPS-2 sebagai kelas eksperimen 1 dengan jumlah siswa 32 orang yang diajarkan dengan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan kelas XI IPS-1 sebagai kelas eksperimen 2 dengan jumlah siswa 34 0rang yang diajarkan dengan model pembelajaran Snowball Throwing. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pilihan berganda. Teknik analisis data menggunakan nilai rata-rata, varians dan Standar Deviasi, Uji Normalitas, Uji Homogenitas data dan pengujian Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Snowball Throwing. Hasil uji statistic menunjukkan hasil belajar siswa dengan Student Team Achievement Division (STAD) adalah pre-test sebesar 52,65, standar deviasi sebesar 13,31 dan post-test sebesar 79,21, standar deviasi 12,18, sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing adalah pre-test sebesar 53,23, standar deviasi sebesar 14,76 dan post-test sebesar 64,70, standar deviasi = 10,65. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,14 > 1,67 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05 Berdasarkan hasil analisis data dan uji statistik serta pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar ekonomi yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) lebih tinggi dibandingkan dengan Model Pembelajaran Snowball Throwing pada mata pelajaran ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Gebang T.A 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArwansyah, 196307121989031002
Call Number: SK-2016 EKO 123
Keywords: Hasil Belajar; Model pembelajaran; Snowball Throwing
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Oct 2016 04:54
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20309

Actions (login required)

View Item View Item