PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MINAT BACA SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SIDIKALANG TAHUN AJARAN 2015/2016

Sinaga, Yolanda (2016) PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MINAT BACA SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SIDIKALANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7123341127 COVER.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7123341127 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7123341127 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7123341127 PREFACE.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7123341127 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7123341127 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7123341127 TABLES.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7123341127 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7123341127 CHAPPTER I.pdf - Published Version

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7123341127 CHAPPTER V.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7123341127 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan perpustakaan dan minat baca terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sidikalang T.A. 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Sidikalang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 143 orang dan sampel berjumlah 57 orang dengan menggunakan teknik random sampling. Instrument yang digunakan untuk mengukur pemanfaatan perpustakaan dan minat baca berupa angket yang berjumlah 25 soal untuk masing-masing variabel dan studi dokumen (DKN) untuk variabel prestasi belajar siswa. Validitas tes diuji dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Reliabel tes diuji dengan menggunakan Alpha Cronbach. Kemudian data dianalisis dengan rumus regresi linier berganda. Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara parsial uji t dan secara simultan digunakan uji F. Setelah uji validitas untuk variabel dan dilakukan dengan masing-masing variabel 25 instrumen hasilnya ke semua item valid dan untuk 24 item soal yang valid. Dan hasil uji reliabilitas angket diperoleh 0.935 > 0,266 ( ) untuk pemanfaatan perpustakaan dan 0,931 > 0,266 ( ) untuk minat baca. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan garis linear Y = 33,539 + 0,373 + 0,266 + e. Secara parsial menunjukkan bahwa ada pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar sebesar 4,949 (49,49%) dan ada pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar sebesar 3,618 (36,18 %) dan untuk uji f diperoleh sebesar 88,714 sedangkan pada taraf kesalahan 5 % sebesar 3,16 berarti > (88,714> 3,16) maka hipotesis H3 diterima atau ada pengaruh positif antara pemanfaatan perpustakaan dan minat baca terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sidikalang T.A. 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSihombing, Mayor195305121983031001
Call Number: SK-2016 EKO 100
Keywords: Perpustakaan; Minat Baca Siswa; Prestasi Belajar Ekonomi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Oct 2016 04:40
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20307

Actions (login required)

View Item View Item