PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRODUCTION (PBI) DENGAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI LUBUK PAKAM T.P 2016/2017

Fazariani,, Misfah (2016) PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRODUCTION (PBI) DENGAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI LUBUK PAKAM T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM 7123341068 COVER.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7123341068 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7123341068 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7123341068 PREFACE.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7123341068 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7123341068 TABLES.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7123341068 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7123341068 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7123341068 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7123341068 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 7123341068 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk untuk mengetahui hasil belajar ekonomi yang diajar dengan kolaborasi model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan Numbered Heads Together (NHT) lebih tinggi secara signifikan daripada hasil belajar ekonomi yang diajar dengan metode konvensional pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Lubuk Pakam T.P 2016/2017yang berjumlah 282 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik Purposive Sampling, yang berjumlah 75 orang. Data yang diambil berupa nilai hasil belajar siswa. Setelah melakukan uji normalitas dan homogenitas, data dapat di analisis. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-tidak berpasangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat ketuntasan kelas eksperimen yaitu 73% sedangkan kelas kontrol hanya 15%. Nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 78,10 sedangakan pada kelas kontrol 61,84. Dalam pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 95% menunjukan ada pengaruh positif dan siginifikan antara kolaborasi Problem Based Introduction (PBI) dengan Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa, dimana nilai (thitung =5,878) > (ttabel = 1,992). Bagi sekolah Madrasah Aliyah Negeri Lubuk Pakam terkhusus tenaga pendidik, dapat menggunakan penelitian ini meningkatkan hasil belajar siswa dalam upaya untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi belajar siswa disekolah. Upaya yang dilakukan dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) dengan Numbered Heads Together (NHT) sebagai model alternatif dalam meningkatkan hasil belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSihombing, Mayor195305121983031001
Call Number: SK-2016 EKO 116
Keywords: Model Pembelajaran; Hasil Belajar; Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Oct 2016 03:23
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20296

Actions (login required)

View Item View Item