PERAN GURU PKn DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL SISWA KELAS VII SMP KARYA SERDANG LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Febri, Franklin (2016) PERAN GURU PKn DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL SISWA KELAS VII SMP KARYA SERDANG LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 3123111026 COVER.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3123111026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3123111026 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 3123111026 PREFACE.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 3123111026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3123111026 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 3123111026 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. NIM. 3123111026 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 3123111026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru PKn dalam mengembangkan sikap dan tanggung jawab sosial siswa kelas VII SMP Karya Serdang Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2015/2016. Dalam penelitian ini, 60 siswa atau 46% akan diambil sebagai sampel melalui random sampling. Untuk mengungkap dan mengetahui peran guru PKN dalam mengembangkan sikap dan tanggung jawab sosial siswa digunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket yang dihitung dengan skala likert, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa 76,7% atau sebanyak 54 siswa yang memberi jawaban bahwa peran guru PKn dalam mengajar kurang berperan dalam mengembangkan sikap dan tanggung jawab sosial siswa, 73,3% atau sebanyak 44 siswa yang memberi jawaban bahwa peran guru PKn dalam membimbing sangat berperan dalam mengembangkan sikap dan tanggung jawab sosial siswa, 48,3% atau sebanyak 29 siswa yang memberi jawaban bahwa peran guru dalam mendidik sangat berperan dalam mengembangkan sikap dan tanggung jawab sosial siswa, dan 51,7% atau sebanyak 31 siswa yang memberi jawaban bahwa peran guru PKn dalam melatih kurang berperan dalam mengembangkan sikap dan tanggung jawab sosial siswa. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa peran guru PKn dalam mengembangkan sikap dan tanggung jawab sosial siswa meliputi sebagaiu penajar, pembimbing, pendidik, dan pelati

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiregar, Rosnah195605101980032004
Call Number: SK-2016 PKN 085
Keywords: Peran Guru; Sosial;Mediator
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 04 Oct 2016 02:09
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20260

Actions (login required)

View Item View Item