HUBUNGAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN BUDAYA SEKOLAH DENGAN EFEKTIVITAS KERJA GURU DI SD NEGERI KECAMATAN PADANG TUALANG

Sanjani, Maulana Akbar (2016) HUBUNGAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN BUDAYA SEKOLAH DENGAN EFEKTIVITAS KERJA GURU DI SD NEGERI KECAMATAN PADANG TUALANG. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8136132035 COVER.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8136132035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8136132035 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8136132035 PREFACE.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8136132035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8136132035 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8136132035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8136132035 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8136132035 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8136132035 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8136132035 BIBLIGRAPHY.pdf - Published Version

Download (455kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan kepemimpinan kepala sekolah dengan efektivitas kerja guru, (2) hubungan motivasi kerja dengan efektivitas kerja guru, (3) hubungan budaya sekolah dengan efektivitas kerja guru dan (4) hubungan kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja dan budaya sekolah secara bersama-sama dengan efektivitas kerja guru. Metode penelitian ini adalah kuantitatif jenis deskriptif studi korelasional dengan pola kajian korelatif dengan menempatkan variabel penelitian dalam dua kelompok yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SD Negeri di Kecamatan Padang Tualang. Untuk menentukan sampel digunakan pendapat Arikunto dengan di ambil 50% dari jumlah sampel, selanjutnya penentuan sampel ditentukan dengan teknik Proportional Random Sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 143 orang. Instrumen penelitian yang digunakan angket dengan skala likert. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi dan regresi sederhana serta ganda. Hasil dari penelitian ini disajikan (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan efektivitas kerja guru dengan koefisien korelasi ry1= 0,366. Sumbangan efektif yang diberikan oleh variabel kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas kerja guru adalah sebesar 10,44%, (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi kerja dengan efektivitas kerja guru dengan koefisien korelasi ry2= 0,459. Sumbangan efektif yang diberikan oleh variabel motivasi kerja terhadap effektivitas kerja guru adalah sebesar 16,69% (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara budaya sekolah dengan efektivitas kerja guru dengan koefisien korelasi ry3= 0,425. Sumbangan efektif yang diberikan oleh variabel budaya sekolah terhadap efektivitas kerja guru adalah sebesar 13,18% dan (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja dan budaya sekolah secara bersama dengan efektivitas kerja guru dengan koefisien korelasi R = 0,639. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh disarankan dalam penelitian ini perlunya pengembangan kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja dan budaya sekolah untuk dapat meningkatkan efektivitas kerja guru yang dapat menciptakan guru yang professional dan berkualitas yang dapat menciptakan pendidikan yang bermutu.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRahman, Arif196604121992031001
Call Number: 371.201 1 San h
Keywords: Efektivitas kerja guru; Kepemimpinan kepala sekolah; Motivasi kerja; Budaya sekolah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 03 Oct 2016 09:50
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20254

Actions (login required)

View Item View Item