IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI MATA PELAJARAN PPKn DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN MORAL SISWA DI SMA NEGERI 1 ONANRUNGGU TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Sitindaon., Koni (2016) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI MATA PELAJARAN PPKn DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN MORAL SISWA DI SMA NEGERI 1 ONANRUNGGU TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM. 3123111036 cover.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM 3123111036 Aproval sheet.pdf - Published Version

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM. 3123111036 Abtract.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM. 3123111036 Preface.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM.3123111036 Tables Of Contens.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM. 3123111036 Tables.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM. 3123111036 Illustration.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM. 3123111036 Chapter I.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 NIM. 3123111036 Chapter V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM. 3123111036 Bibliography.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter melalui mata pelajaran PPKn Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral Siswa Di Sma Negeri 1 Onanrunggu Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 143 siswa yang terdiri dari 2 kelas XI IPS dan 2 kelas XI IPA. Jumlah sampel yang ditetapkan yaitu 25 % dari jumlah populasi yang diambil secara proporsional dengan menggunakan teknik Random Sampling (acak sederhana). Maka sampel dalam penelitian sebanyak 36 orang. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket, wawancara dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan metode deskriptif dan statistik sederhana. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa(1) melalui pembelajaran PPKn guru telah berupaya memasukkan nilai-nilai karakter yang sesuai dengan materi pada saat pembelajaran yaitu mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi siswa; (2) Faktor penghambat dalam implementasi pendidikan karakter melalui mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 1 Onanrunggu yaitu: pengaruh ekonomi orang tua siswa, minimnya perhatian orang tua terhadap pendidikan siswa, kurang sinergisnya kerjasama yang dijalin pihak sekolah dengan orang tua siswa, pengaruh lingkungan masyarakat yang negatif menimbulkan sikap siswa yang belum sepenuhnya mencerminkan nilai karakter sebagai bagian kurangnya keteladanan yang harus diguguh; (3) Melalui pelajaran PPKn untuk membentuk siswa yang cerdas moral belum menuai hasil yang maksimal yang berada pada skala antara 60 %- 70 % yaitu implementasi pendidikan karakter dalam mengembangkan kecerdasan moral siswa di sekolah tersebut dalam kategori sedang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSetiawan, Deny196803081993031003
Call Number: SK-2016 PKN 076
Keywords: Pendidikan Karakter;Karakter Bangsa;Kebijakan Pemerintah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Oct 2016 01:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20205

Actions (login required)

View Item View Item