PENGEMBANGAN MODEL PENGORGANISASIAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN MELALUI SUPERVISI SEBAYA

Hamami, (2016) PENGEMBANGAN MODEL PENGORGANISASIAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN MELALUI SUPERVISI SEBAYA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01 NIM 8146132041 COVER.pdf - Published Version

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 NIM 8146132041 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 NIM 8146132041 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 NIM 8146132041 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 NIM 8146132041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06 NIM 8146132041 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 NIM 8146132041 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08 NIM 8146132041 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09 NIM 8146132041 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 8146132041 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 8146132041 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menemukan model faktual pengorganisasian Musyawarah Guru Mata Pelajaran (2) mendesain model teoretik pengorganisasian Musyawarah Guru Mata Pelajaran melalui supervisi sebaya. Penelitian ini terdiri atas tiga tahap, yaitu (1)tahap studi pendahuluan, (2) tahap pengembangan, dan (3) tahap evaluasi. Subjek uji coba penelitian pengembangan level 1 ini hanya dilakukan secara teoretis melalui uji validasi internal oleh pakar dan praktisi. Uji coba validasi internal dilakukan dalam Focus Group Discussion (FGD). Subjek uji coba teoretis terdiri dari delapan orang praktisi dan tiga orang pakar (expert judgement). Objek uji coba adalah kualitas model pengorganisasian MGMP melalui supervisi sebaya. Instrument yang digunakan untuk menjaring data adalah angket dan wawancara serta analisis dokumentasi. Alat pengumpul data yang berupa angket menggunakan skala linkert. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil uji coba penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) rata-rata skor penilaian praktisi terhadap rancangan model adalah 4,6 dan dalam kategori baik, (2) rata-rata skor penilaian pakar terhadap rancangan model adalah 3,8 dan dalam kategori baik. Dari hasil uji coba yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa rancangan pengembangan model pengorganisasian MGMP melalui supervisi sebaya dapat ditindak lanjuti untuk diuji coba secara empiris.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDarwin, 196412311991031042
Thesis advisorMatondang, Zulkifli196807131993031003
Call Number: 371.203 Ham p
Keywords: Pengembangan; Pengorganisasian MGMP; Supervisi sebaya; Organisasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 30 Sep 2016 08:56
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20202

Actions (login required)

View Item View Item