EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK I (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN

Sebayang, Nono (2007) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK I (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN. Jurnal Tabularasa, 4 (1). pp. 59-74.

[img]
Preview
Text
TABULARASA VOL 04 NO1 JUNI 2007Nono Sebayang.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media ajar pada matakuliah Mekanika Teknik I pada pokok bahasan gaya. Media ajar yang digunakan merupakan media ajar sederhana yang dikembangkan oleh Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan. Media tersebut terdiri dari 2 (dua) macam, masing-masing untuk membantu proses pembelajaran 1 (satu) kompetensi dasar, yaitu kompetensi penguraian dan penjumlahan gaya dan kompetensi reaksi tumpuan. Metode penelitian adalah desain eksperimen yang terdiri dari kelompok yaitu kelas kontrol (tanpa bantuan media ajar) dan kelas eksperimen (menggunakan media ajar). Sebelum perlakuan dilakukan pretes untuk mengetahui kemampuan awal. Postes diberikan setelah proses pembelajaran selesai, untuk mengetahuihasil pembelajaran mahasiswa kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media ajar dalam proses pembelajaran Mekanika Teknik I pokok bahasan gaya efektif digunakan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan (t hitung = 5,033 > t tabel = 2,0178 = 0,005) antara mahasiswa kelas kontrol dan kelas eksperimen. Mahasiswa kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata lebih tinggi 26% dibandingkan dengan nilai rata-rata mahasiswa kelas kontrol.

Item Type: Article
Keywords: efektifitas;media ajar; hasil belajar; mekanika teknik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LT Textbooks
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 29 Mar 2016 02:42
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/202

Actions (login required)

View Item View Item