PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 086 PANYABUNGAN

Sitohang, Risma and Khairani, Donna (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 086 PANYABUNGAN. Elementary School Journal, 02 (01). pp. 109-118. ISSN 2355-1747

[thumbnail of Reviewer.pdf] Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of Generate index codes conversion from text to indexcodes] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok Tokoh-tokoh Pergerakan Nasional. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 086 Panyabungan yang berlokasi di Jln. Dalan Lidang, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan Kelas dengan dua siklus, yang terdiri atas 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Objek penelitian ini adalah motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok Tokoh-tokoh Pergerakan Nasional dengan penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining. Alat pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Hasil penelitian yang diperoleh selama pengamatan menunjukkan adanya peningkatan, hal ini dapat dilihat pada persentase tingkat motivasi siswa pada siklus I sebesar 36,10% yang tergolong rendah dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 88,90% yang tergolong sangat tinggi. Sedangkan hasil angket pada kondisi awal mulanya hanya 13,88% yang tergolong sangat rendah dan pada kondisi akhir mengalami peningkatan sebesar 88,88% yang tergolong sangat tinngi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Student facilitator; Student explaining; Motivasi belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 28 Sep 2016 04:59
Last Modified: 14 Oct 2016 03:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20103

Actions (login required)

View Item
View Item