MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 104204 SAMBIREJO TIMUR

Sitohang, Risma and Sitepu, Meri S. Ulina (2014) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 104204 SAMBIREJO TIMUR. Jurnal Handayani, 02 (01). pp. 61-68. ISSN 2355-1739

[img]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/handayan...

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode THINK PAIR SHARE dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok Menghargai Jasa dan Peranan para tokoh Perjuangan Dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 104204 Sambirejo Timur yang berlokasi di Jln. Sempurna/pendidikan, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi motivasi belajar siswa dan guru.Kriteria ketuntasan motivasi belajar siswa didasarkan ketuntasan secara perorangan dengan nilai ≥ 70. Seorang siswa dikatakan telah termotivasi dalam belajar apabila mendapatkan nilai ≥ 80. Hasil penelitian yang diperoleh selama pengamatan menunjukkan adanya peningkatan pada siklus I, pertemuan I diperoleh data bahwa 36,66% yang motivasi belajarnya tergolong sangat rendah, pada siklus I, pertemuan II diperoleh data bahwa 53,33% yang motivasi belajarnya tergolong rendahpada siklus II, pertemuan I diperoleh data bahwa 70% yang motivasi belajarnya tergolong sedang,pada siklus II, pertemuan II diperoleh data bahwa 90% yang motivasi belajarnya tergolong sangat tinggi, hasil penelitian dari angket yang dibagikan pada siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada kondisi awal sebelum tindakan hanya ada 5 siswa yang memiliki motivasi belajar yang di atas 70% yaitu sekitar 23,33%, dan setelah dilaksanakan Metde Think Pair Share pada kondisi akhir menjadi 27 orang siswa atau sekitar 90%.

Item Type: Article
Keywords: Metode pembelajaran; Think pair share, Motivasi belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 28 Sep 2016 04:24
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20100

Actions (login required)

View Item View Item