PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING MENGGUNAKAN AUTOGRAPH

Hutagalung, Yusnarti (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING MENGGUNAKAN AUTOGRAPH. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8126171044 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8126171044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8126171044 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8126171044 PREFACE.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8126171044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8126171044 GRAPHIC LIST.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8126171044 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8126171044 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8126171044 TABLE.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 8126171044 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8126171044 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 8126171044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematika siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan penemuan terbimbing menggunakan autograph lebih tinggi daripada siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan konvensional, (2) mengetahui adanya interaksi kemampuan awal dan pendekatan pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematika siswa, dan (3) melihat proses jawaban siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan penemuan terbimbing menggunakan autograph dan pendekatan konvensional. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Swasta Brigjend Katamso 2 Medan, dan sampelnya dipilih secara acak dengan VII-2 sebagai kelas eksperimen dan VII-1 sebagai kelas kontrol yang masing- masing berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematika siswa yang berbentuk uraian. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validasi serta memiliki koefisien realibilitas 0,85 untuk tes kemampuan representasi dan 0,853 untuk tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Penelitian ini menggunakan uji Anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematik siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan penemuan terbimbing menggunakan autograph lebih tinggi dibandingkan pembelajaran dengan pendekatan konvensional, (2) tidak terdapat interaksi kemampuan awal dan pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematika siswa, dan (3) proses jawaban siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan penemuan terbimbing menggunakan autograph lebih baik dibandingkan pembelajaran dengan pendekatan konvensional. Peneliti menyarankan agar pembelajaran dengan pendekatan penemuan terbimbing menggunakan autograph menjadi alternatif bagi guru dalam meningkatkan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematika siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorKarnasih, Ida195009141979032002
Thesis advisorSiagian, Pargaulan195410191980111001
Call Number: 510.071 Hut p
Keywords: Pendekatan penemuan terbimbing; Kemampuan representasi; Pemecahan masalah matematika siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 27 Sep 2016 07:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20080

Actions (login required)

View Item View Item