tujuan classe declared imposed treated eligible better angket terdiri adalah penyelesaian keyword student kemampuan wa untuk met learning research berturut ANAKOVA reliabilita kovarian koefisien populasi daripada whitney prose dalam mathematic diharapkan mann ABSTRACT waktu memperoleh sheet four kela mengungkapkan who dikenakan ABSTRAK expected ragam menunjukkan diberi provide way sebanayak sig classroom semi kesempatan dan martadinata subyek than effective data difference instrument guru penelitian SMK matematik respectively penalaran terdapat pola pleasant telah sebesar validity experiment suasana students' attitude bahwa percentage bahasa received secara masalah lembar memenuhi ftabel ability improve uji peneliti dapat digunakan inovatif berbasi implementing analisi ideal persentase population test acak their ha reliability based selama completion greater time menyenangkan showed 740 turut math lebih sebagai menyarankan covariance aim cara LILIS menelaah 879 salah nilai serta activity there dijadikan terlihat selected researcher menyelesaikan coefficient dinyatakan result sendiri jawaban performed medan siswa meningkatkan merupakan kadar content yaitu create during menerapkan grade environment isi pembelajaran alternatif language suggest antara ini questionnaire mereka alternative baik subject expres hal model dibandingkan study untreated observation dilakukan own anakova clas active evident examine dua answer aktif abilitie reasoning acquire memberi kunci discovery empat dengan skill mathematical two XI observasi fhitung one eksperimen perlakuan among te dipilih teacher ditetapkan problem syarat laksamana direct instrumen swasta proces asymp given analysi besar tersebut opportunitie hasil pattern sikap namely maka sekolah kata response validita level idea experimental matematika satu used randomly consisted hand specified pada diverse gagasannya school anacova efektif menciptakan innovative yang solving perbedaan belajar dari learn aktivita laksaman berdasarkan