IMPLIKASI PEMBELAJARAN MULTILITERASI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X SMA GAJAH MADA MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Tobing, Romauli (2016) IMPLIKASI PEMBELAJARAN MULTILITERASI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X SMA GAJAH MADA MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 3123321047_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 3123321047_COVER.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 3123321047_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 3123321047_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (404kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 3123321047_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 3123321047_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 3123321047_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 3123321047_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 3123321047_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 3123321047_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 3123321047_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 3123321047_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 3123321047_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 3123321047_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 3123321047_DAFTAR LAMPIRAN perbaikan.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 3123321047_DAFTAR LAMPIRAN perbaikan.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 3123321047_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 3123321047_BAB I.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 3123321047_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 3123321047_BAB V.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 3123321047_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 3123321047_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview

Abstract

Masalah yang dihadapi dalam oenelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran Sejarah pada materi Ruang lingkup ilmu sejarah di kelas X SMA Gajah Mada Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini digunakan di SMA Gajah Mada Medan, dengan jenis penelitian yaitu “ Penelitian Tindakan Kelas”. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 34 orang, upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar Sejarah siswa dengan menggunakan model pembelajaran Multiliterasi , dan data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan observasi.
Berdasarkan tes awal (pretes) yang dilakukan terhadap 34 siswa terdapat 8 siswa (23,5%) yang mengalami ketuntasan belajar dan 26 siswa (76,5%) yang tidak tuntas dalam belajar dengan perolehan nilai rata – rata 47,21. Pada siklus I terdapat sebanyak 20 siswa (58,8%) yang tuntas dan sebanyak 14 siswa (41,17%) yang termasuk kategori tidak tuntas dengan perolehan nilai observasi kegiatan mengajar peneliti sebesar 67,5, sedangkan nilai observasi siswa secara afektif dan psikomotor sebesar 65,71 dan dikategorikan masih kurang. Pada siklus II terdapat 31 siswa (91,2%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 3 siswa (8,8%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar namun perolehan nilai rata – rata sudah mencapai 82,6. Dan perolehan nilai observasi kegiatan mengajar peneliti sebesar 90, sedangkan nilai observasi siswa secara afektif dan psikomotor sebesar 80,33, dan itu sudah dikategorikan sebagai sangat baik.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaranMultiliterasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Sejarah materi Ruang lingkup ilmu sejarah di kelas X SMA Gajah Mada Medan Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 SJRH 118
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Multiliterasi; Belajar Sejarah Siswa;Sangiran
Subjects: D History General and Old World > D History (General) > D204 Modern History
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 23 Sep 2016 09:16
Last Modified: 23 Sep 2016 09:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19989

Actions (login required)

View Item
View Item