PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH , BUDAYA ORGANISASI, IKLIM ORGANISASI, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SD NEGERI KOTA MEDAN

Tumiran (2016) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH , BUDAYA ORGANISASI, IKLIM ORGANISASI, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SD NEGERI KOTA MEDAN. Doctoral thesis, UNIMED.

[thumbnail of 809116017 COVER.pdf]
Preview
Text
809116017 COVER.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 809116017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
809116017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 809116017 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
809116017 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1) terhadap kepuasan kerja (X4), budaya organisasi (X2) terhadap kepuasan kerja (X4), iklim organisasi (X3) terhadap kepuasan kerja (X4). kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1) terhadap kinerja guru (X5), budaya organisasi (X2) terhadap kinerja guru (X5), iklim organisasi (X3) terhadap kinerja guru (X5), dan kepuasan kerja (X4) terhadap kinerja guru(X5). Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Kota Medan. Populasi adalah seluruh guru SD Negeri di Kota Medan sebanyak 5.919 orang. Besarnya sampel ditentukan berdasarkan rumus Isaac dan Michael sebanyak 361 orang. Data
dikumpulkan dengan angket tertutup untuk menjaring data variabel X1, X2, X3, X4, dan X5. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis jalur.Teknik pengambilan sample dengan metode proposional area random sampling. Hasil analisis jalur terhadap model 1 bahwa terdapat pengaruh langsung dan positif kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1) terhadap kepuasan kerja (x4) menunjukan koefisien jalur = 0,18 besarnya kontribusi = 90,4%, budaya organisasi x2 terhadap kepuasan kerja (x4) menunjukan koefisien jalur = 0,49 besamya kontribusi = 93,5 %, dan iklim organisasi (X3) terhadap kepuasan kerja (x4) menunjukan koefisien jalur = 0,28 besarnya kontribusi = 93,0% dengan koefisien determinasi sebesar = 0,88. Hasil analisis jalur terhadap model II bahwa terdapat pengaruh langsung dan positif kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1) terhadap kinerja guru(X5) menunjukan koefisien jalur=0,24 besarnya kontribusi= 91,4 % , budaya organisasi(X2) terhadap kinerja guru(X5) besarnya kontribusi = 0,37 besarnya kontribusi = 93,5 %, dan iklim organisasi (X3) terhadap kinerja guru (X5) = 0,25 besarnya kontribusi = 92,9 % dengan koefisien determinasi sebesar 0,89. Sedangkan pengaruh tidak langsung kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1)terhadap kinerja guru (X5) melalui kepuasan kerja (X4)= 0,1 0, pengaruh tidak langsung budaya organisasi (X2) terhadap kinerja guru(X5) melalui kepuasan kerja (X4) = 0,1 0, pengaruh tidak langsung iklim organisasi (X3) terhadap kinerja guru (X5) melaui kepuasan kerja (x4) = 0,1 0. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kinerja guru dapat ditingkatkan melalui kepemimpinan transformasional kepala sekolah, budaya organisasi, iklim organisasi, dan kepuasan kerja yang baik dari guru.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: 372.068 Tum p
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan transformasional kepala sekolah; Budaya organisasi; Iklim organisasi; Kepuasan kerja; Kinerja guru
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan (S3)
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Sep 2016 08:29
Last Modified: 23 Sep 2016 08:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19981

Actions (login required)

View Item
View Item