MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN 050660 KW BINGAI KABUPATEN LANGKAT T.A 2012/2013

Nurmayani, and Arwi, Lidya (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN 050660 KW BINGAI KABUPATEN LANGKAT T.A 2012/2013. Research Report. FIP Unimed.

[img] Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)

Abstract

Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah “ Apakah dengan penerapan model pembelajaran word square dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 050660 Kwala Bingai Kabupaten Langkat pada pembelajaran IPS tahun ajaran 2013/2014”. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran word square dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa keles IV dalam pembelajaran IPS dengan materi, “Perkembangan Teknologi” pada SDN 050660 Kwala Bingai Kabupaten Langkat. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Dalam setiap siklus dilakukan melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Sebelum dilakukan tindakan pada sikius 1, peneliti terlebih dahulu memberikan pre tes yang bertujuan untuk mengetahui hail belajar siswa dan mengetahui kekurangan-kekurangan dalarn proses belajar mengajar.Beradasarkan pre tes yang dilakukan, hasil belajar siswa masih tergolong rendah, dengan nilai rata-rata kelas 50,79 dan 38 orang siswa atau 26,32% (10 orang siswa yang tuntas) dan 73,68% yang tidak tuntas, namun setelah dilaksanakannya siklus 1 dengan menerapkan model pembelajaran word square ketuntasan belajar siswa secara klasikal rnengalami peningkatan sebesar 23,68% yaitu menjadi (50%) atau sebanyak 19 orang siswa. Pada siklus II juga terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 39,47% dan kemudian meningkat lagi menjadi (89,47%) atau sebanyak 34 orang siswa yang tuntas. Dengan demekian model pembelajaran word square merupakan salah satu alternatif yang dapat diterapkan untuk memperbaiki proses pembelajaran.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 372.8 Nur m
Keywords: Word square; Ilmu pengetahuan sosial; Model pembelajaran; Hasil belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19954

Actions (login required)

View Item View Item