PENCIPTAAN RELIEF REPRODUKTIF BERBAHAN RESIN DAN BERBASIS BENTUK SENI RUPA ETNIS DAN AGAMA SEBAGAI MODEL SENI WISATA DI SUMATERA UTARA

Tarigan, Nelson and Sembiring, Dermawan and Triyanto, R. and Pasaribu, Mangatas (2015) PENCIPTAAN RELIEF REPRODUKTIF BERBAHAN RESIN DAN BERBASIS BENTUK SENI RUPA ETNIS DAN AGAMA SEBAGAI MODEL SENI WISATA DI SUMATERA UTARA. Research Report. FBS Unimed.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview

Abstract

Propinsi Sumatera Utara dikenal sebagai salah satu daerah kunjungan wisatarvan baik lokal, regional maupun wisatawan mancanegara karena keindahan alamnya, keunikan peninggalan budaya masa lalu masing-masing etnis asli yang mendiaminya dan juga karena beberapa lokasi wisata berkaitan dengan kehidupanberagama. Wisatawan umumnya membutuhkan cenderamata sebagai kenangan bahwa mereka pernah berkunjung ke daerah ini, tetapi masih sangat kurang model-modelcinderamata berciri khas etnis maupun agama yang tersedia di lokasi-lokasi wisata tersebut.Penelitian ini bertujuan merancang model produk kerajinan reproduktif yang terbuat dari bahan resin serta sekaligus menanggapi ikon-ikon seni rupa etnis dan agama yang ada di Sumatera Utarq dengan menerapkan keseimbangan antara ekspresi seni dan selera wisata.Kesimpulan sementara yang dapat diberikan pada pelaksanaan kegiatan Tahun I ini adalah : Seni rupa etnis sangat potensial digunakan untuk membentuk karya kreatif berbasis etnis regional di Sumatera Utara sesuai dengan metode yang digunakan dan sampel produk yang telah dihasilkan. Sehubungan dengan upaya yang akan dilakukan, disarankan agar senantiasa meningkatkan kualitas estetis hasil karya dan lebih telitimengamati selera wisatawan yang berkunjung ke masing-masing lokasi wisata, serta menekan harga jual hasil karya.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 731.5 Tar p
Keywords: Penciptaan; Kreatif; Etnis; Agama; Seni wisata; Resin; Seni rupa; Katalis; Cobalt
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154 Travel and state. Tourism
N Fine Arts > NB Sculpture
N Fine Arts > NX Arts in general > NX440 History of the arts
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19950

Actions (login required)

View Item View Item