PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN FISIKA UMUM I BERBASIS ARGUMENTASI ILMIAH DALAM KELAS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP

Simamora, Pintor and Manurung, Sondang R. and Rajagukguk, Juniastel (2015) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN FISIKA UMUM I BERBASIS ARGUMENTASI ILMIAH DALAM KELAS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP. Project Report. FMIPA Unimed.

[thumbnail of Cover, Lembar Pengesahan, Abstrak.pdf]
Preview
Text
Cover, Lembar Pengesahan, Abstrak.pdf - Published Version

Download (676kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian berbasis pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk menghasilkan pembelajaran berbasis argumentasi ilmiah pada kelas inkuiri untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pada mata kuliah fisika umum I. Tahapan yang dilakukan pada penelitian ini adalah masih tahap awal (pendahuluan dan perencanaan), yaitu; studi literatur tentang karakteristik pelaksanaan pembelajaran berbasis argumentasi, wawancara dan diskusi pada beberapa pakar tentang perlunya pembelajaran berbasis argumentasi ilmiah. Selanjutnya dilakukan juga observasi terhadap aktivitas dan kegiatan argumentasi dosen dan mahasiswa pada beberapa perkuliahan fisika umum I. Untuk mendukung data hasil penelitian, kepada mahasiswa disebar angket untuk mengetahui tanggapan mereka terhadap pembelajaran berbasis argumentasi ilmiah. Dari analisis data diperoleh bahwa pembelajaran berbasis argumentasi sangat disarankan oleh beberapa pakar sebagai model alternatif dalam meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pada mata kuliah fisika umum I. Pengembangan pembelajaran argumentasi memerlukan karakteristik standpoint atau starting point, perlakuan tahapan scaffolding (tahap inisiasi, pengembangan dan tahap penguatan) dianalisis dengan sistem coding. Dari hasil observasi yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa pembelajaran yang berlangsung belum berbasis argumentasi ilmiah, hal ini nampak dari kurangnya interaksi ilmiah dosen dengan mahasiswa maupun antara sesama mahasiswa. Sehingga berdampak pada rendahnya tanggapan ilmiah mahasiswa terhadap masalah-masalah yang disampaikan dosen. Sedangkan mahasiswa sangat berharap pembelajaran dapat terlaksana dengan menggunakan metode argumentasi ilmiah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah diperlukan uji coba dan implementasi pembelajaran berbasis argumentasi ilmiah untuk memperoleh peningkatan pemahaman konsep mahasiswa pada mata kuliah fisika umum I.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information: 530.071 Sim p
Uncontrolled Keywords: Argumentasi ilmiah; Pembelajaran fisika; Kelas inkuiri; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
Last Modified: 20 May 2017 04:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19948

Actions (login required)

View Item
View Item