IbM PENGRAJIN ANYAMAN PURUN DAN RANCANG BANGUN UNTUK MENINGKATKAN PRODUK YANG LEBIH BERVARIASI DI KABUPATEN SERDANG BEDAGAI

Juliana, Netty and Hasyim, Diana and Suadi, (2015) IbM PENGRAJIN ANYAMAN PURUN DAN RANCANG BANGUN UNTUK MENINGKATKAN PRODUK YANG LEBIH BERVARIASI DI KABUPATEN SERDANG BEDAGAI. Research Report. FT UNIMED.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (409kB) | Preview

Abstract

Purun adalah jenis tumbuhan rumput yang tumbuh liar di dekat air atau rawa. Populasi tanaman Purun sangat banyak di Desa Ara Payung Kecamatan Pantai Cermin. Dengan potensi yang besar tersebut selama ini masyarakat setempat memanfaatkan purun hanya untuk membuat tikar. Tujuan kegiatan IbM ini adalah : (1) Rancang bangun mesin pemipih purun, (2) menemukan cara atau metode untuk memproduksi variasi produk yang kreatif dengan memanfaatkan tanaman purun, (3) meningkatkan variasi produk anyaman purun. Target khusus yang ingin di capai : dihasilkannya mesin pemipih purun untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses pemipihan purun, variasi produk anyaman purun, karena kerajinan purun memiliki peluang di pasar domestik maupun pasar ekspor. Metode pendekatan yang digunakan adalah metode pendidikan, pelatihan produksi, pelatihan manajemen usaha, rancang bangun dan pendampingan. Rencana kegiatan yang diusulkan : membuat rancang bangun mesin pemipih purun dengan kapasitas 25 kg per jam dengan metode pendampingan, memberikan pendidikan/pelatihan tentang teori desain dan warna, pelatihan produksi variasi produk anyaman purun dan pelatihan manajemen usaha. Diharapkan pengrajin anyaman purun nantinya memiliki kuantitas dan kualitas, sehingga output yang dihasilkan dapat berkembang serta membentuk para pengrajin yang kreatif dan inovatif. Semakin dihasilkannya produk purun yang inovatif dan unik, maka semakin besar pula peluang pasar yang didapatkan Mitra.

Item Type: Monograph (Research Report)
Keywords: Anyaman purun; Mesin pemipih purun; Pengrajin; Produk
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS1300 Textile industries
T Technology > TS Manufactures > TS155 Production management. Operations management
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT697 Home arts. Homecrafts
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19946

Actions (login required)

View Item View Item