PENGEMBANGAN MODEL PERENCANAAN PERGURUAN TINGGI BERBASIS PROYEKSI, PREDIKSI DAN ESTIMASI (PPE) DI UNIVESITAS NEGERI MEDAN

Darwin, and Purba, Sukarman and Rangkuti, Irsan (2013) PENGEMBANGAN MODEL PERENCANAAN PERGURUAN TINGGI BERBASIS PROYEKSI, PREDIKSI DAN ESTIMASI (PPE) DI UNIVESITAS NEGERI MEDAN. Research Report. FT UNIMED.

[img]
Preview
Text
Cover, Kata Pengantar, Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (815kB) | Preview

Abstract

Permasalahan utama perguruan tinggi adalah kegagalan dalam menyusun perencanaan sebagai salah satu fungsi manajemen pendidikan tinggi. Oleh karena itu perlu dan urgen dilakukan penelitian dengan menawarkan suatu model perencanaan perguruan tinggi yang berbasis pada pendekatan proyeksi, prediksi, dan estimasi (PPE). Oleh karena itu, secara umum tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model perencanaan berbasis PPE yang dapat diterapkan dalam perencanaan pengembangan perguruan tinggi, sekaligus mampu mengoptimalkan peningkatan kejelasan, kerealitisan dan saling keterkaitan seluruh komponen dalam system perencanaan. Penelitian yang dalam 3 tahap (3 tahun). Tujuan penelitian tahap 1 ini adalah untuk melakukan studi evaluasi implementasi kebijakan perencanaan perguruan tinggi khususnya yang dilakukan di UNIMED, dengan melakukan: (1) Eksisting keberadaan perencanaan PT. (2) Analisis isi dokumen rencana pengembangan PT (3) Analisis peran perencanaan PT meliputi (a) keterpakaian perencanaan PT sebagai pedoman, petunjuk, dan arahan dalampenyelenggaraan PT. (4) Mengukur ketercapaian perencanaan PT. (5) Kondisi masa depan UNIMED berdasarkan proyeksi, prediksi dan estimasi. Untuk mencapai tujuan di atas, penelitian ini dilakukan dengan pendekatan REsearch and Development (R&D) melalui studi eksplorasi dan pengembangan model. Studi eksplorasi terhadap kepustakaan yang relevan, data kuantitatif dan kualitatif dan selanjutnya dikemas demngan teknik penyajian deskriptif analitik. Sasaran atau subjek penelitian ini adalah komponen SDM perguruan tinggi UNIMED meliputi unsur organ perguruan tinggi (rektor, senat, dewan pengawas dan penyantun), unsur organ pengelola meliputi kepala biro, ketua, lembaga, dekan/direktur, ketua jurusan/prodi, ketua unit, dosen, dan unsur stakeholders eksternal meliputi dinas pendidikan, tokoh pendidikan dan alumni. Teknik pengambilan data adalah: (1) Wawancara Mendalam (Deep Interview); (2) Studi dokumentasi; (3) Alat bantu pengumpul data audio record dan kamera foto.

Item Type: Monograph (Research Report)
Keywords: Model; Perencanaan; Perguruan Tinggi; Proyeksi; Prediksi; Estimasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19943

Actions (login required)

View Item View Item