PENGARUH PENGETAHUAN TEORI KONSELING TERHADAP KETERAMPILAN MELAKSANAKAN PRAKTIK KONSELING PADA MAHASISWA JURUSAN BIMBINGAN KONSELING FIP UNIMED TAHUN AJARAN 2011-2012

Lubis, Zuraida and Rahmulyani, (2012) PENGARUH PENGETAHUAN TEORI KONSELING TERHADAP KETERAMPILAN MELAKSANAKAN PRAKTIK KONSELING PADA MAHASISWA JURUSAN BIMBINGAN KONSELING FIP UNIMED TAHUN AJARAN 2011-2012. Research Report. FIP Unimed.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan teori konseling terhadap kemampuan melaksanakan praktik konseling, selanjutnya untuk perbaikan pembelajaran pada masa yang akan datang. Rumusan penelitian ini adalah : Apakah terdapat perbedaan yang signifikan dalam melaksanakan praktik konseling antara mahasiswa yang menguasai teori konseling dengan yang kurang menguasai teori konseling pada mahaiswa BK FIP Unimed. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif analisis data diuji dengan uji t. Jumlah populasi sebanyak 116 orang dan sampel berjumlah 78 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes awal dan tes akhir tentang kemampuan penguasaan keterampilan mengkonseling secara individual, dan observasi untuk melihat keterampilan responden dalam melakukan praktik konseling individual. Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan melaksanakan konseling individual antara responden yang diberikan pengetahuan dan latihan tentang konsep-konsep konseling individual dengan yang tidak diberikan latihan danpengetahuan konsep-konsep konseling individual. Saran kepada dosen PPB jurusan BK khususnya yang mengajar mata kuliah Praktik Konseling Individual agar dapat memberikan teori dan latihan keterampilan konseling individual sehingga hasil yang diharapkan dari perkuliahan ini dapat tercapai.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 370.4 Lub p
Keywords: Konseling individu; Praktik konseling; Teori konseling
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF636 Applied psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19929

Actions (login required)

View Item View Item