PENGARUH REPUTASI AUDITOR, PENJAMIN EMISI, KOMISARIS INDEPENDEN DAN KOMITE AUDIT TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN

Nasirwan, (2012) PENGARUH REPUTASI AUDITOR, PENJAMIN EMISI, KOMISARIS INDEPENDEN DAN KOMITE AUDIT TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN. Research Report. FE Unimed.

[img] Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)

Abstract

Studi ini menguji model kinerja perusahaan yaitu pengaruh reputasi auditor, penjamin emisi, komisaris independen dan komite audit terhadap initial return dan kinerja perusahaan tahun pertama, kedua dan ketiga setelah penawaran saham perdana (initial public offering-IPO). Pengujian model studi berdasarkanpada teori agensi dan teori penundaan penawaran saham perdana (Withdrawn Initial Public Offering Theory-WIPO). Sampel penelitian adalah perusahaan yang IPO tahun 2004-2009. Studi ini memperoleh beberapa bukti empiris yaitu pertama, reputasi auditor dan reputasi penjamin emisi dengan indikator pengukuran Johnson-Miller dan Carter-Manaster berpengaruh secara signifikan terhadap initial return. Kedua, reputasi auditor dengan indikator pengukuran Johnson-Miller dan Carter-Manaster berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja perusahaan tahun pertama, kedua dan ketiga setelah penawaran saham perdana. Ketiga, reputasi penjamin emisi dengan indikator pengukuran Johnson-Miller dan Carter-Manaster tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan tahun pertama, kedua dan ketiga setelah penawaran saham perdana. Hasil ini menunjukkan bahwa teori agensi dan teori penundaan penawaran saham perdana tidak didukung dalam model kinerja perusahaan. Keempat, komisaris indepanden dan komite audit tidak berpengaruh terhadap initial return dan kinerja perusahaan tahun pertama, kedua dan ketiga setelah penawaran saham perdana. Hasil ini menunjukkan bahwa teori agensi tidak didukung dalam model kinerja perusahaan. Kelima, initial return berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja perusahaan tahun pertama dan kedua setelah penawaran saham perdana. Hasil ini menunjukkan bahwa teori penundaan penawaran saham perdana didukung dalam model kinerja perusahaan.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 657.45 Nas p
Keywords: Reputasi; Agensi; Auditor; Penjamin emisi; Komisaris independen; Komite audit; Kinerja perusahaan; Bursa efek
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD2350 Large industry. Factory system. Big business > HD2709 Corporations
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9701 Public accounting. Auditing
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19917

Actions (login required)

View Item View Item