PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN LINGKUNGAN HIDUP TINGKAT PENDIDIKAN DASAR DAN PEMBUATAN BUKU AJAR BERKONTEKS MUATAN LOKAL LINGKUNGAN HIDUP SUMATERA UTARA

Daulay, Abdul Hakim and Suharta, and Syarifuddin, and Mulyana, Rachmat (2012) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN LINGKUNGAN HIDUP TINGKAT PENDIDIKAN DASAR DAN PEMBUATAN BUKU AJAR BERKONTEKS MUATAN LOKAL LINGKUNGAN HIDUP SUMATERA UTARA. Research Report. FMIPA Unimed.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi hasil belajar siswa sekolah dasar (SD) dan mengidentifikasi kompetensi guru, serta menemukan model pembelajaran berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada pendidikan lingkungan hidup berkonteks muatan lokal Sumatera Utara serta. Penelitian ini dilakukan di daerah Provinsi Sumatra Utara, dengan mengambil sampel siswa SD pada 4 daerah tingkat II yang terdiri dari 2 Kota (Medandan Binjai) dan 2 daerah Kabupaten (Deli Serdang dan Langkat). Pengambilan sampel secara pusposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t hitung = 44,331. T tabel diperoleh dengan df = 139, sig 5% (I tailed) = 1,65589, oleh karena t tabel < dari t hitung (1,65589 <44,331), maka -Ho diterima, tingkat keberhasilan belajar siswa 75 tidak terbukti, nilai paling tinggi cuma sebesar 48,1822 jauh dibawah KKM Sumatera Utara yaitu nilai 75. Dari hasil uji normalitas nilai Kol-Smirnov sebesar 0.932 dan Asymp. Sig tidak signifikan 0.350 (> 0.05), ini menunjukkan data berdistribusi normal. Dari 40 soal yang diberikan kemampuan siswa menjawab soal tidak sampai 5 orang yang dapat menyelesaikan 27-33 soal. Dari hasil survey guru diperoleh 63% guru tidak memiliki buku pendidikan lingkungan hidup. 64% guru hanya mengajarkan dengan metode ceramah. Diperoleh pula 78% guru mengajarkan pendidikan lingkugan hidup hanya terintegrasi pada pelajaran IPA dan IPS. Rendahnya pencapaian hasil belajar siswa tersebut diduga dikarenakan tidak tersedianya buku dan lembar kerja siswa pendidikan lingkungan hidup bermuatan lokal Sumatera Utara, keadaan ini juga turut disumbang oleh kurangnya kemampuan guru dalam mengintegrasikan pada pelajaran lain serta penerapan model pembelajaran yang masih kurang tepat. Nilai rata-rata sekitar 46,125 sedangkan setelah dilakukan dengan model Picture And Picture maka diperoleh nilai rata-rata sekitar 80,975. Dengan demikian model Picture And Picture dapat membantu menambah pemahaman siswa dalam pendidikan lingkungan hidup berkonteks muatan lokal Sumatera Utara.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 577 Dau p
Keywords: Model pembelajaran; Lingkungan hidup; Buku ajar; Muatan lokal; Pendidikan dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19901

Actions (login required)

View Item View Item